Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Tiongkok Boleh Memasuki Indonesia Jika Dinyatakan Terbebas Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 – 22:55 WIB
Warga Tiongkok Boleh Memasuki Indonesia Jika Dinyatakan Terbebas Virus Corona - JPNN.COM
Ilustrasi peta online pemantau penyebaran virus corona. Foto: csse

jpnn.com, JAKARTA - Ronny Franky Sompie saat masih menjabat Dirjen Imigrasi menyebut pihaknya tetap memberikan pelayanan kepada Warga Negara China yang hendak memasuki Indonesia. Imigrasi tetap mempersilakan WN China masuk Indonesia setelah dinyatakan terbabas dari virus Corona.

"Imigrasi tentu menyerahkan cleareance penuh kepada Kemenkes. Kalau sudah clear, akan kami layani cleareance dokumen keimigrasian. jadi tahapannya seperti itu," ucap Ronny ditemui di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (28/1).

Namun, kata dia, WN China perlu melalui proses pemeriksaan oleh Kemenkes sebelum memasuki Indonesia. Jika terjangkit virus Corona, WN China itu akan menjalani proses karantina.

"Jadi, clereance tentang virus dari Kemenkes dahulu dari pesawat, ke garbarata, dan diharapkan penumpang menggunakan masker, ada SOP dari kemenkes dan petugas karantina," ungkap dia.

Namun, Ronny tidak mengetahui data WN China yang menuju Indonesia selepas ramai penyebaran virus Corona. Pasalnya, Ronny belum membuka data Imigrasi terkait itu.

"Kalau jumlah angka, mohon maaf saya harus lihat data," ucap dia.

Sebagai informasi, lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia tertular virus corona, dengan kasus terbanyak ditemukan di Tiongkok. Tercatat sebanyak 56 orang di Tiongkok meninggal karena wabah tersebut.

Presiden Xi Jinping mengatakan dalam sidang politbiro, Sabtu (25/1), bahwa Tiongkok sedang menghadapi situasi berbahaya. Sementara badan-badan kesehatan di seluruh dunia bergelut mencegah wabah itu.(mg10/jpnn)

Ditjen Imigrasi tetap memberikan pelayanan kepada Warga Negara China yang hendak memasuki Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close