Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waskita Karya Garap Banyak PSN, Ekonom: Kepercayaan Pemerintah Masih Tinggi

Selasa, 06 Agustus 2024 – 15:35 WIB
Waskita Karya Garap Banyak PSN, Ekonom: Kepercayaan Pemerintah Masih Tinggi - JPNN.COM
Salah satu proyek tol garapan Waskita Karya. Foto: Waskita

jpnn.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk dinilai menjadi salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang dipercaya pemerintah dalam mengelola banyak proyek strategis nasional (PSN).

Hal itu terlihat dari banyaknya PSN yang dikerjakan perusahaan pelat merah itu pada tahun ini.

Diketahui,  per Juli 2024 ada 233 PSN yang ditetapkan pemerintah, terdiri dari 218 proyek dan 15 program dengan total investasi Rp 6.246,7 triliun, serta mampu menyerap tenaga kerja hingga 2,71 juta pekerja.

Nah, dari total proyek dan program itu, sebanyak 83 PSN di antaranya dikerjakan Waskita Karya berupa 44 proyek jalan tol, 8 bendungan, dan 18 infrastruktur lainnya.

Ekonom dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu Surya Vandiantara menilai pemberian banyak PSN kepada Waskita Karya dapat diartikan bahwa pemerintah menaruh harapan besar terhadap perusahaan pelat merah itu untuk tetap tumbuh.

“Saya melihat kepercayaan pemerintah terhadap kinerja Waskita Karya masih tinggi, sehingga dipercaya untuk menggarap 83 PSN. Mengelola 12 proyek IKN dengan nilai kontrak sebesar Rp 7,7 triliun," kata Surya dikutip dari keterangannya di Jakarta, Selasa (6/8).

Surya yang juga analis dari Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) memandang bahwa pemerintah tengah berusaha menyelamatkan Waskita Karya.

Selain itu, dia menyebut Waskita Karya terbukti sukses membangun beberapa proyek dengan profil yang baik, terutama PSN dan Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga mendukung program pemerintah dalam mengakselerasi pembangunan infrastruktur.

PT Waskita Karya dinilai menjadi salah satu andalan pemerintah dalam menggarap berbagai proyek strategis nasional (PSN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA