Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Waspada! 3 Penyakit Ini Mengintai Jika Asam Urat Tak Kunjung Diatasi

Selasa, 05 November 2019 – 04:20 WIB
Waspada! 3 Penyakit Ini Mengintai Jika Asam Urat Tak Kunjung Diatasi - JPNN.COM

jpnn.com - Kadar asam urat tinggi yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan beragam kondisi kesehatan yang serius. Jadi, penting untuk selalu mengontrol kondisi asam urat.

Sekilas tentang asam urat

Asam urat adalah suatu zat kimia yang merupakan hasil akhir dari metabolisme, ketika tubuh memecah zat yang disebut purin. Tubuh manusia sebenarnya secara normal memproduksi purin. Akan tetapi, purin juga bisa didapatkan dari makanan dan minuman, seperti hati, ikan teri, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol. 

Normalnya, asam urat dapat larut di dalam darah dan mengalir ke ginjal. Dari sana, asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Jika tubuh mengalami peningkatan kadar asam urat akibat kelebihan purin dan tubuh tidak bisa mengeluarkannya dengan baik, asam urat pun menumpuk di jaringan dan membentuk kristal. 

Kondisi kadar asam urat dalam darah yang meninggi itu disebut sebagai hyperuricemia. Awalnya, hyperuricemia ini tidak bergejala. Akan tetapi, jika kadar asam urat yang tinggi dalam darah dibiarkan terus-menerus, akan timbul efek yang berbahaya bagi kesehatan. 

Asam urat tidak diobati, apa bahayanya?

Berikut bahaya yang ditimbulkan dari asam urat tinggi bila tidak diobati:

1. Gout 

loading...