Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Waspada! 5 Penyakit ini Penyebab Kentut Bau Busuk

Sabtu, 23 Mei 2020 – 04:21 WIB
Waspada! 5 Penyakit ini Penyebab Kentut Bau Busuk - JPNN.COM
Memegangi pantat untuk menahan kentut. Foto/ilustrasi: Ara Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - Setiap orang pasti pernah kentut. Hal itu wajar, karena kentut merupakan proses alamiah dari tubuh untuk mengeluarkan gas dari saluran pencernaan. Sayangnya, tidak setiap kentut terasa menyenangkan. Ada juga kentut bau busuk, yang bisa mengganggu kenyamanan orang sekitar.

Tidak hanya itu, kentut bau busuk ternyata juga bisa berhubungan dengan masalah kesehatan tertentu, lho!

Sebenarnya, Apa itu Kentut?

Makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan akan dilumat habis, agar nutrisinya bisa terserap oleh tubuh. Nah, salah satu hasil dari proses pelumatan tersebut adalah gas pada saluran pencernaan.

Selain itu, saluran cerna juga bisa kemasukan gas akibat udara yang masuk saat Anda berbicara, makan, mengunyah, atau menelan. Bahkan, gas juga bisa berasal dari bakteri yang secara normal tinggal di dalam usus manusia.

Fakta menyebutkan sebagian besar manusia bisa menyimpan sekitar 0,5 hingga 1,5 liter gas di dalam saluran pencernaannya setiap hari. Seluruh gas tersebut nantinya akan diproses dengan berbagai cara; ada yang diserap, ada juga yang dilepaskan sebagai kentut atau serdawa.

Secara garis besar, kentut adalah tanda bahwa saluran pencernaan Anda bekerja dengan baik. Meski begitu, Anda tetap harus waspada, khususnya jika yang keluar dari dubur Anda adalah kentut bau busuk.

Kentut Bau Busuk, Apakah Sudah Pasti Berbahaya?

loading...