Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada! Begini Modus Penipuan Lelang Online yang Mengatasnamakan PT Pegadaian

Jumat, 16 Oktober 2020 – 04:10 WIB
Waspada! Begini Modus Penipuan Lelang Online yang Mengatasnamakan PT Pegadaian - JPNN.COM
Waspada! Modus penipuan yang mengatasnamakan PT Pegadaian. Foto Pegadaian

jpnn.com, JAKARTA - Penipuan lelang online yang mengatasnamakan sebagai PT Pegadaian masih marak terjadi. Buktinya, Pegadaian sudah melaporkan sebanyak 400 lebih akun palsu yang mengatasnamakan perseroan di Instagram.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian R. Swasono Amoeng Widodo mengungkapkan modus penipuan lelang online tersebut biasanya dengan menggunakan kata/frase Pegadaian, Pegadaian Syariah, The Gade dan sebagainya.

Akun tersebut menawarkan berbagai barang seperti emas, laptop, handphone, kendaraan bermotor, sepeda bermerk dan barang-barang lainnya dengan harga murah.

"Selain melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, modus lain yang muncul di antaranya melalui pesan SMS, WhatsApp yang diarahkan ke website tertentu. Bahkan muncul pula modus penipuan melalui aplikasi telepon pintar," ujar Amoeng belum lama ini.

Nah, untuk meyakinkan calon korbannya, pemilik akun mengambil foto atau video karyawan Pegadaian dan memalsukan identitasnya.

Kemudian masyarakat yang tergiur akan melakukan komunikasi melalui nomor yang dipublikasikan pada akun palsu tersebut.

Selanjutnya pelaku meminta transfer sejumlah uang sebagai uang muka transaksi dan menjanjikan akan mengirim barang yang dibeli.

"Namun barang tersebut tidak dikirim, selanjutnya nomor pelaku tidak aktif, dan rekening bank yang sebelumnya menerima transfer pun ditutup," terangnya.

Jangan sampai kamu dan keluarga ikutan tertipu lelang online yang mengatasnamakan dari PT Pegadaian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close