Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada, Cuaca Ektrem Bakal Melanda Jatim Sepekan ke Depan

Minggu, 05 Januari 2020 – 05:00 WIB
Waspada, Cuaca Ektrem Bakal Melanda Jatim Sepekan ke Depan - JPNN.COM
Cuaca ekstrem. Ilustrasi Foto: ABE BANDOE/FAJAR/dok.JPNN.com

jpnn.com, SIDOARJO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda di Sidoarjo Jawa Timur memprediksi dalam sepekan ke depan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin dan petir bakal melanda Jawa Timur.

"Kondisi ini terjadi di beberapa wilayah di Jawa Timur sejak tanggal 4 sampai dengan 10 Januari 2020," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, di Sidoarjo, Sabtu (4/1).

Cuaca ekstrem itu, menurut Teguh, karena adanya pola tekanan rendah di Samudra Hindia selatan wilayah Nusa Tenggara menyebabkan terbentuknya pola pertemuan angin atau konvergensi di sepanjang wilayah Jawa Timur.

"Dari analisa MJO mulai menguat yang mengindikasikan pasokan uap air meningkat, Selain itu saat ini wilayah Jawa Timur juga sudah mendekati puncak musim hujan," ujarnya, Sabtu (4/1).

Cuaca ekstrem itu, menurut dia, akan melanda kabupaten Bangkalan, Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Jombang, Blitar, Kediri, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Batu, Blitar, Lamongan, Lumajang, dan Magetan.

Karenanya, ia mengimbay agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan juga jalan licin. (antara/jpnn)

Adanya pola tekanan rendah di Samudra Hindia selatan wilayah Nusa Tenggara menyebabkan terbentuknya pola pertemuan angin atau konvergensi di sepanjang wilayah Jawa Timur.

Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close