Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada! Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hingga Maret

Rabu, 07 Februari 2018 – 00:23 WIB
Waspada! Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hingga Maret - JPNN.COM
Cuaca mendung. Foto: Radar Nunukan/JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumsel, harus mewaspadai potensi banjir hingga beberapa bulan ke depan.

Pasalnya, cuaca ekstrem, hujan lebat disertai angin kencang, maupun kilat dan petir masih akan terjadi hingga akhir Maret.

Kemarin siang (6/2) banjir sudah melanda Kecamatan Sungai Are, OKU Selatan. Tingginya intensitas hujan membuat debit sungai Air Jambu meluap ke jalan.

“Hujan lebat disertai angin kecang, siang hingga sore memicu banjir ini,” kata Joni (34), warga Sungai Are, kemarin.

“Kalau ini kami tak terlalu khawatir. Yang kami takutkan jika hujan lebat berlangsung terus menerus memicu luapan air sungai Luas. Itu bisa hanyutkan pemukiman warga dan memicu longsor,” imbuhnya. Longsor ini yang mereka takutkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, Doni Agusta, memperingatkan warga terkait cuaca ekstrem yang masih akan berlangsung.

“Waspada ancaman banjir dan tanah longsor yang rawan. Terutama bagi warga yang tinggal di lereng perbukitan dan sepanjang daerah aliran sungai (DAS),” imbuhnya.

Di PALI, hujan lebat disertai angin kencang beberapa kali mengancam rumah warga. Salah satunya, rumah kayu Asmadi (33), warga Desa Suka Manis, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI yang ambruk, Sabtu (3/2) lalu.

Masyarakat harus mewaspadai potensi banjir akibat curah hujan tinggi disertai petir yang diprediksi terjadi hingga Maret.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close