Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada, Penularan Covid-19 Meningkat saat Musim Pancaroba

Senin, 07 Maret 2022 – 06:01 WIB
Waspada, Penularan Covid-19 Meningkat saat Musim Pancaroba - JPNN.COM
Masyarakat perlu mewaspadai kerentanan tubuh terhadap Covid-19 yang bisa meningkat pada masa peralihan musim atau pancaroba.. Ilustrasi pasien Covid-19 di Wisma Atlet Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, MPd mengatakan memasuki peralihan musim atau pancaroba tubuh mengalami keterentanan terhadap penyakir.

Masyarakat perlu mewaspadai kerentanan tubuh terhadap Covid-19 yang bisa meningkat pada masa peralihan musim pancaroba.

"Kondisi udara dingin dan kering saat peralihan musim dapat melemahkan imunitas tubuh, mengakibatkan kita lebih rentan terhadap virus," kata dr. Syamsul di Banjarmasin, Minggu.

Syamsul mengutip hasil penelitian yang menyebutkan bahwa temperatur, kelembapan relatif, dan kecepatan angin juga mempengaruhi penularan Covid-19.

"Seperti virus influenza, virus corona penyebab Covid-19 cenderung lebih stabil dalam lingkungan dengan suhu dingin dan kering," ujarnya.

Di samping itu, menurut dia, kondisi cuaca yang sering kali tidak menentu pada masa pancaroba membuat orang lebih banyak berada di tempat tertutup.

Syamsul menyebut jika ruang tertutup tempat masyarakat berada tidak bagus sirkulasi udaranya, maka virus akan terakumulasi di dalam ruangan sehingga risiko terinfeksi virus jadi meningkat.

Selain itu, cuaca yang tidak menentu pada musim pancaroba juga bisa membuat orang enggan berolahraga.

Masyarakat perlu mewaspadai kerentanan tubuh terhadap Covid-19 yang bisa meningkat pada masa peralihan musim atau pancaroba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close