Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada Penyakit Asam Urat, Kenali Ini Gejala dan Penanganannya

Kamis, 05 Desember 2019 – 04:05 WIB
Waspada Penyakit Asam Urat, Kenali Ini Gejala dan Penanganannya - JPNN.COM
Ilustrasi Asam Urat. Foto Freepik.com/katemangostar

jpnn.com - Risiko terkena asam urat biasanya akan meningkat ketika memasuki usia 40-50 tahun. Kondisi tidak terkontrolnya kadar asam urat ini bisa disebabkan oleh bermacam faktor, seperti pengaruh obat-obatan, kelebihan berat badan, dan riwayat dari keluarga. 

Dijelaskan dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, asam urat yang terdapat dalam tubuh juga bisa meningkat jumlahnya saat Anda tidak memiliki pola makan yang sehat.

“Kadar asam urat bisa tinggi disebabkan terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi, seperti daging jeroan, serta beberapa contoh sayuran hijau seperti asparagus. Saat mencerna makanan yang mengandung tinggi purin, tubuh akan menghasilkan asam urat sebagai hasil metabolisme akhir,” ujar dr. Arina.

Asam urat yang berlebihan tersebut akan membentuk kristal monosodium urat yang akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan peradangan pada area persendian. Beberapa sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

Gejala asam urat

Dijelaskan oleh dr. Arina, gejala asam urat sebenarnya tidak susah untuk dideteksi. “Tanda dan gejala gout sering muncul mendadak ketika malam hari. Biasanya, gejala sangat terasa selama 12-14 jam. Namun, gejala akan mereda dalam waktu kurang lebih 2 minggu,” jelasnya.

Selain itu, ada lagi ciri-ciri lain dari asam urat yang patut Anda waspadai, seperti: 

  • Sering merasa nyeri pada sendi-sendi besar, terutama pada bagian kaki. Nyeri dapat dirasakan pada jari jempol bagian kaki, lutut, tumit bahkan beberapa kali juga dirasakan pada pergelangan tangan. Namun, rasa nyeri lebih sering dirasakan pada bagian ibu jari kaki.
  • Selain merasa nyeri pada bagian tubuh tertentu, sendi yang mengalami nyeri juga biasanya akan bengkak dan memerah. Ini karena adanya proses peradangan pada sendi-sendi tersebut. Pada peradangan ini, akan terjadi penumpukan kristal asam urat yang “digempur” oleh sel darah putih sebagai pertahanan tubuh.
  • Kaku pada sendi-sendi tulang. Adanya penumpukan kristal ini tidak hanya buat sendi jadi nyeri dan bengkak, tapi juga buat sendi jadi lebih kaku dan sulit untuk digerakkan. Akibatnya, akan timbul keterbatasan gerak pada sendi-sendi yang mengalami penumpukan kristal.
  • Adanya perubahan pada bentuk sendi Anda. Apabila asam urat tidak segera ditangani atau tidak diobati dengan tepat, bukan tidak mungkin sendi Anda mengalami perubahan bentuk.

Penanganan asam urat

Apabila asam urat tidak segera ditangani atau tidak diobati dengan tepat, bukan tidak mungkin sendi Anda mengalami perubahan bentuk.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close