Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada! Sejumlah Wilayah di Jakarta Berpotensi Mengalami Longsor

Rabu, 11 Januari 2023 – 07:03 WIB
Waspada! Sejumlah Wilayah di Jakarta Berpotensi Mengalami Longsor - JPNN.COM
Ilustrasi pergerakan tanah atau longsor Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut sejumlah wilayah di ibu kota berpotensi mengalami pergerakan tanah atau longsor pada Januari 2023.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menyampaikan potensi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan.

Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di DKI Jakarta berada di Zona Menengah atau diprediksi mengalami longsor.

Yang pertama, pergerakan tanah atau longsor berpotensi terjadi di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Lalu, wilayah Jakarta Selatan meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, dan Tebet.

“Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Cakung, Kramat Jati, Matraman, Pasar Rebo, dan Pulo Gadung,” ucap Isnawa dalam keterangannya, Selasa (10/1).

Pada Zona Menengah dapat terjadi pergerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

BPBD DKI Jakarta menyebut sejumlah wilayah di ibu kota berpotensi mengalami pergerakan tanah atau longsor pada Januari 2023. Ini lokasinya. Waspada!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close