Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspadai Gejala Baru Virus Corona, Apa Itu?

Jumat, 27 Maret 2020 – 11:00 WIB
Waspadai Gejala Baru Virus Corona, Apa Itu? - JPNN.COM
Ilustrasi virus corona. Foto: diambil dari covid19.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Ahli kesehatan menemukan gejala baru pada mereka yang terjangkiti virus corona atau COVID-19. Gejala tersebut yakni kehilangan mengecap rasa dan mencium bau.

Profesor Nirmal Kumar, konsultan ahli THT mengatakan, hidung menjadi pintu masuk utama masuk saat seseorang bernapas dan droplet yang terinfeksi virus corona.

"Pada pasien muda tidak ada gejala signifikan misalnya batuk dan demam, tetapi mereka mungkin bisa kehilangan kemampuan mengecap rasa dan mencium bau, yang menunjukkan virus berdiam di hidung," kata dia, seperti dilansir Sky News.

Sementara, Dr. Nathalie MacDermott, dosen klinis di King's College London, menyebutkan bahwa infeksi biasanya terjadi melalui hidung atau bagian belakang tenggorokan.

Hal ini sering menyebabkan hilangnya kemampuan indera penciuman dan pengecap. Ia mengingatkan, penelitian seputar gejala baru untuk COVID-19 belum tersebar luas di komunitas medis.

Di Korea Selatan, Tiongkok dan Italia, sekitar sepertiga orang yang positif COVID-19 dilaporkan mengalami kondisi serupa atau disebut anosmia.

Kumar juga mengingatkan, mereka yang mengalami gejala anosmia melakukan isolasi diri selama tujuh hari untuk mencegah penyebaran penyakit.

Seiring dengan penemuan gejala baru ini, maka sekali lagi ditekankan pentingnya para ahli kesehatan menggunakan alat pelindung diri.(antara/jpnn)

Ahli kesehatan menemukan gejala baru pada orang yang terjangkiti virus corona atau COVID-19.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close