Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wewenang Panja Terbatas, Tingkatkan jadi Pansus

Rabu, 06 Juli 2011 – 19:09 WIB
Wewenang Panja Terbatas, Tingkatkan jadi Pansus - JPNN.COM
JAKARTA – Ketua Gerakan Nasional Calon Independen (GNCI), Fadjroel Rachman, berharap Panitia Kerja (Panja) Mafia Pemilu ditingkatkan statusnya menjadi Panitia Khusus (Pansus). Menurutnya, Panja menghadapi berbagai keterbatasan wewenang dan cakupan kerja untuk mengusut tuntas mafia Pemilu 2009 sehingga muncul kekhawatiran panja hanya mencari informasi seputar modus kecurangan tanpa menyentuh substansi hukum dari berbagai dugaan pelanggaran yang terjadi.

“Kalau Pansus masih mungkin melakukan terobosan hukum, demikian juga hak dan wewenangnya lebih tinggi dibanding dengan Panja,” kata Fadjroel di gedung MK, Rabu (6/7). Fadjroel meyakini, jika Mafia Pemilu ditangani oleh Pansus maka masih memungkinkan muncul rekomendasi tentang langkah-langkah yang signifikan untuk membongkar semua kecurangan Pemilu 2009.

Ia mencontohkan Pansus Century yang merekomendasikan nama-nama dan lembaga untuk mengusut skandal tersebut. “Karena ini ada upaya di tubuh panja, seolah-olah ini cuma sekedar mencari informasi saja. Setelah itu cukup, tapi ini memang pertarungan politik,” ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, sejauh ini pemeriksaan oleh Panja memang sudah berhasil mengungkap aktor intelektual pemalsuan surat MK yang mengarah pada Andi Nurpati. Namun untuk mengusut lebih jauh, Panja harus lebih dulu menemukan fakta hukum yang kuat.

JAKARTA – Ketua Gerakan Nasional Calon Independen (GNCI), Fadjroel Rachman, berharap Panitia Kerja (Panja) Mafia Pemilu ditingkatkan statusnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA