Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Whoosh Dipilih Jadi Nama Kereta Cepat, Ini Lho Filosofinya

Jumat, 22 September 2023 – 09:16 WIB
Whoosh Dipilih Jadi Nama Kereta Cepat, Ini Lho Filosofinya - JPNN.COM
Warga berfoto di depan kereta cepat setibanya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Sabtu (16/9/2023). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

jpnn.com, JAKARTA - Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini memiliki identitas jenama atau merek, yaitu Whoosh. Penamaan itu diputuskan setelah melalui sayembara yang dilakukan oleh tim penilai.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan penamaan kereta cepat sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kita perlu memberikan identitas jenama atau identitas merek atau branding, yang mencerminkan nilai-nilai dari kereta api cepat yang menjadi prestasi dan kebanggaan Indonesia," ujar Budi di Jakarta, Jumat (22/9).

Menhub Budi menjelaskan sayembara jenama kereta cepat tersebut diselenggarakan dengan tim penilai yang diketuai oleh Triawan Munaf sejak bulan Juli 2023 lalu

Sementara yang menjadi tim pengarah sayembara itu ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Adapun filosofi Whoosh berasal dari suara lesatan kereta cepat yang awam diucapkan, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional.

Nama Whoosh juga dinilai sesuai dengan penggambaran kereta cepat yang saat ini menjadi yang tercepat di Asia Tenggara.

Selain itu, Whoosh sendiri adalah akronim dari "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal" yang menjadi identitas kereta cepat.

Kereta cepat Jakarta-Bandung kini bernama Whoosh. Apa filosofinya? Simak penjelasan Menhub Budi Karya Sumadi ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close