Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wirausaha Merdeka, Terobosan Gres Menteri Nadiem agar Mahasiswa Jadi Pengusaha

Jumat, 15 Juli 2022 – 21:49 WIB
Wirausaha Merdeka, Terobosan Gres Menteri Nadiem agar Mahasiswa Jadi Pengusaha - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makariem meluncurkan program baru bernama Wirausaha Merdeka untuk mendorong mahasiswa menjadi pengusaha. Foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Wirausaha Merdeka pada Jumat (15/7).

Program anyar dari Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim itu membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, keterampilan nonteknis (soft skills), manajerial, mendorong peningkatan pengalaman berwirausaha, dan mendongkrak kemampuan daya kerja yang bisa diakui dalam bentuk satuan kredit semester (SKS).

“Kami ingin mahasiswa bisa membangun pola pikir atau mindset dan semangat berwirausaha,” ujar Menteri Nadiem.

Menurut Menteri Nadiem, rasio pelaku wirausaha dengan populasi di Indonesia masih paling rendah di Asia Tenggara. Saat ini hanya 3,4 persen penduduk Indonesia yang berwirausaha.

Dengan adanya Wirausaha Merdeka, Menteri Nadiem mengharapkan mahasiswa tidak hanya memiliki peluang lebih besar dalam mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan terbaik, tetapi juga bisa menjadi pendiri perusahaan dan membuka banyak lapangan kerja di Indonesia.

“Selama program (Wirausaha Merdeka), mahasiswa diharapkan bisa menerapkan pelajaran yang mereka dapat di Perguruan Tinggi Pelaksana Program (PTPP), serta mengembangkan ide bisnis yang solutif dan relevan dengan pendidikan mereka,” tuturnya.

Menteri Nadiem menambahkan Kemendikbudristek menyadari pentingnya bimbingan (mentorship) dan koneksi bagi mahasiswa dalam memulai bisnis. Oleh karena itu, Wirausaha Merdeka menitikberatkan keterlibatan industri dan praktisi bisnis. 

“Kami menginginkan mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan bimbingan dari orang-orang berpengalaman dan benar-benar tahu bagaimana cara mengembangkan bisnis mereka secara nyata,” kata Nadiem.

Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi 10 mahasiswa untuk mengikuti program Wirausaha Merdeka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close