Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WN Iran Suplai Tiga Karung Ganja ke Napi Lapas Serang

Minggu, 29 September 2019 – 22:59 WIB
WN Iran Suplai Tiga Karung Ganja ke Napi Lapas Serang - JPNN.COM
Ilustrasi ganja. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, SERANG - Seorang warga negara (WN) asal Iran diduga menyuplai tiga karung ganja di Kampung Padurung Wetan, Desa Sukamenak, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten.

Ganja asal Aceh itu kemudian diselundupkan ke narapidana (napi) asal Lapas Klas II Serang berinisial AN alias Topik.

“Khusus yang ganja disuplai oleh warga negara Iran. Tapi dia tinggal di Jakarta. Itu informasi yang kami dapatkan,” kata Direktur Resnarkoba Polda Banten Kombes Pol Yohanes Hernowo kepada Radar Banten usai pemusnahan tiga karung ganja dan 500 gram sabu-sabu di Mapolda Banten.

WN Iran ini kemudian meminta bantuan AN untuk menyelundupkan ganja tersebut. AN bertugas mengendalikan ganja itu dari balik jeruji besi. “AN pengendalinya. Dia berkomunikasi dengan orang Iran ini,” kata Yohanes.

Tiga karung ganja tersebut ditemukan di lubang bekas kakus di Desa Sukamenak, Kecamatan Cikeusal, Senin (9/9). Ganja itu diangkut menggunakan minibus menuju Desa Sukamenak.

AN menugaskan JN (48), EO (24), RI (25) dan DI untuk membawanya. Keempat pelaku memasukkan ganja tersebut ke dalam lubang bekas kakus. “Total ganja yang diamankan beratnya 82,867 kilogram,” ujar Yohanes.

Sebelum mengungkap puluhan kilogram ganja, itu polisi lebih dahulu meringkus Mer (24) di Terminal Pakupatan, Sabtu (7/9). Lelaki asal Kampung Padurung, Desa Sukamenak, Kecamatan Cikeusal, ini diamankan atas kepemilikan 500 gram sabu-sabu dengan nilai Rp 500 juta.

MER mengakui sabu-sabu itu diperoleh dari AN. Selain itu, MER membongkar rencana pengiriman puluhan kilogram ganja melalui jasa ekspedisi ke Kota Serang. “Asalnya (ganja-red) diduga dari sana (Aceh-red),” kata Yohanes.

Tiga karung ganja asal Aceh dari WN Iran itu kemudian diselundupkan ke narapidana asal Lapas Klas II Serang berinisial AN alias Topik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close