Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wong Kito Ganjar Beberkan Manfaat Berkebun & Beri Pelatihan Pembibitan Kelapa Hibrida di Desa Bakung

Sabtu, 16 September 2023 – 21:56 WIB
Wong Kito Ganjar Beberkan Manfaat Berkebun & Beri Pelatihan Pembibitan Kelapa Hibrida di Desa Bakung - JPNN.COM
Wong Kito Ganjar memberi pelatihan pembibitan kelapa hibrida kepada masyarakat Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel pada Sabtu (16/9/2023). Foto: Dok Wong Kito Ganjar

jpnn.com, OGAN ILIR - Pelatihan pembibitan kelapa hibrida yang digelar sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar mendapat sambutan positif dari masyarakat Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel pada Sabtu (16/9/2023).

Selain dilibatkan secara langsung dalam penanaman bibit kelapa, masyarakat juga merasakan beragam manfaat kegiataan ini dari sisi kesehatan.

Redi Harison, 44, selaku masyarakat Desa Bakung mengatakan aktivitas bercocok tanam atau berkebun berdampak pada kesehatan fisik karena dapat terkena paparan sinar matahari secara langsung untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Bila dilakukan secara rutin, berkebun dapat mengurangi risiko sejumlah penyakit seperti jantung dan alzheimer.

Bahkan, berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Alzheimer Disease, para ahli menemukan bahwa menanam dan merawat tumbuhan dapat menjaga kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, hingga mengurangi risiko alzheimer hingga 50 persen.

"Karena yang jelas manfaat dari kita bercocok tanam berkebun ini untuk menjaga dari kondisi fisik kita karena dengan berkebun kita bisa berkeringat, berolahraga lah," ucap dia.

Senada, seorang warga lainnya, Sumardianto, 41, menjelaskan berkebun tidak sekadar menanam dan merawat tumbuhan saja, ternyata kegiatan ini berdampak untuk kesehatan fisik dan mental.

Mulai dari menghilangkan stress, menaikkan mood atau suasana hati, dan membuat diri menjadi lebih fokus.

Pelatihan pembibitan kelapa hibrida oleh sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar mendapat sambutan positif dari Desa Bakung Ogan Ilir, Sumsel, Sabtu (16/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close