Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wow! Indeks Pembangunan Manusia di Sumsel Naik Signifikan, Kini di Level Tinggi

Selasa, 06 Juni 2023 – 12:41 WIB
Wow! Indeks Pembangunan Manusia di Sumsel Naik Signifikan, Kini di Level Tinggi - JPNN.COM
Kepala BPS Sumatera Selatan Moh Wahyu Yulianto menyampaikan IPM di Sumsel naik signifikan dari tahun ke tahun sejak 2012. Foto: DOkumetasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sumatera Selatan (Sumsel) terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Sejak lima tahun terakhir, IPM Sumsel telah masuk dalam klasifikasi yang cukup tinggi.

“Sejak lima tahun terakhir, IPM Sumsel justru melompat drastis. Dari yang dulu hanya di kriteria sedang, namun saat ini sudah pada level yang tinggi. Ini merupakan capaian yang sangat baik,” kata Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto melalui keterangan yang diterima, Selasa (6/6).

Dia menyebutkan IPM Sumsel pada 2018 berada di angka 69,39. Namun saat ini sudah mencapai 70,90.

“Kriterianya, 60-70 itu merupakan level sedang. 70-80 sudah di level tinggi dan 80 ke atas itu sangat tinggi. Kami lihat pada 2018, IPM Sumsel masih dalam kategori sedang dengan angka 69,39. Kemudian di 2019, masuk dalam level tinggi dengan angka 70,02. Pada 2022 meningkat di angka 70,90,” beber Wahyu.

Wahyu menyampaikan pergerakan IPM Sumsel selama lima tahun terakhir mengalami kenaikan signifikan kendati sempat mengalami hambatan akibat adanya pandemi Covid-19.

“Semuanya mengalami hal yang sama dan sempat sedikit mengalami penurunan karena pandemi sehingga pendapatan per kapita mengalami kontraksi,” terangnya.

Wahyu menjelaskan upaya untuk meningkatkan IPM tidak serta merta bisa langsung dirasakan.

BPS mencatat Indeks Pembangunan Manusia di Sumsel naik signifikan dari tahun ke tahun sejak 2012, simak penjelasan Moh Wahyu Yulianto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close