Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wow! PLN Utang ke AIIB Sebesar USD 310 Juta untuk Apa Sih?

Senin, 09 Agustus 2021 – 19:14 WIB
Wow! PLN Utang ke AIIB Sebesar USD 310 Juta untuk Apa Sih? - JPNN.COM
Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) kembali mencairkan utang ke Indonesia, kali ini untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Ilustrasi: dok PLN

jpnn.com, JAKARTA - Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) kembali mencairkan utang ke Indonesia, kali ini untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Senior Private Sector Operations Specialist AIIB Ziwei Liao menyatakan pencairan utang itu atas pertimbangan bahwa permintaan terhadap listrik merupakan salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Oleh karena itu, AIIB menilai pendanaan sumber listrik menjadi bagian penting.

“AIIB membantu para anggotanya mendanai proyek infrastruktur yang sesuai dengan mandat bank,” kata Ziwei, di Jakarta, Senin (9/8).

AIIB sendiri telah menyetujui pinjaman dana sebesar USD 310 juta kepada PLN untuk proyek penguatan distribusi daya di Jawa dan Bali sejak awal tahun ini.

Pinjaman ini dilakukan seiring target pemerintah mencapai 100 persen jangkauan listrik di Jawa Timur. Di samping itu memberikan akses listrik kepada pulau-pulau di sekitar Madura dan Bali.

AIIB memperkirakan pelanggan baru akan meningkat sebagai dampak dari pertumbuhan industri dan pariwisata.

Target lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengurangi gangguan daya. PLN memiliki target menguatkan jaringan distribusi melalui instalasi kabel listrik dan trafo serta merehabilitasi yang lama.

Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) kembali mencairkan utang ke Indonesia, kali ini untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close