Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WSIS Forum 2023: Literasi Digital Membentuk Ketahanan Masyarakat

Minggu, 26 Maret 2023 – 10:26 WIB
WSIS Forum 2023: Literasi Digital Membentuk Ketahanan Masyarakat - JPNN.COM
WSIS Forum 2023 ikut membahas literasi digital yang fungsinya membentuk ketahanan masyarakat. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan workshop dengan tema Empowering the Multi-stakeholder Partnership to Strengthen Digital Literacy Initiatives dalam WSIS Forum 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di International Conference Centre Geneva (CICG) Kota Jenewa, Swiss pada Kamis (16/3). 

Workshop yang dilaksanakan secara hybrid ini menekankan pada peningkatan keterlibatan antara berbagai pemangku kepentingan dengan menggabungkan sumber daya dan pengetahuan untuk membahas isu-isu yang dihadapi oleh kelompok rentan. 

Ini termasuk penyandang disabilitas, perempuan, dan orang paruh baya dalam mengakses serta menggunakan teknologi digital.

Para pelaku multistakeholder literasi digital berdiskusi dan berbagi pengalaman pribadi serta pengetahuan tentang praktik terbaik dan strategi yang efektif untuk mendorong literasi digital.

Mei Lin Fung dari People-Centered Internet berharap Indonesia dapat menjadi pionir, karena Indonesia negara yang memiliki 17 ribu pulau.

Mei Lin menambahkan mengenai peran literasi digital untuk membentuk ketahanan masyarakat dalam menyelesaikan masalah mereka sendiri, seperti bagaimana masyarakat mencari informasi secara tepat, memperoleh pendidikan layak, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan sama, Ida Ayu Prasasti selaku perwakilan dari ICT Watch turut menyampaikan inklusivitas digital dari sisi perempuan terutama mengenai tantangan-tantangan dari perempuan Indonesia di ruang digital, seperti menghadapi gender-based violence. 

WSIS Forum 2023 membahas salah satunya literasi digital yang fungsinya membentuk ketahanan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close