Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penguatan Literasi Digital untuk Disabilitas Disuarakan di WSIS Forum 2023

Sabtu, 18 Maret 2023 – 18:05 WIB
Penguatan Literasi Digital untuk Disabilitas Disuarakan di WSIS Forum 2023 - JPNN.COM
Kemenkominfo menyelenggarakan workshop “Strengthening the Collaboration of Digital Literacy for Disabilities” dalam WSIS Forum 2023 di Jenewa. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan workshop “Strengthening the Collaboration of Digital Literacy for Disabilities” dalam WSIS Forum 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Jenewa, Swiss pada Senin, 13 Maret 2023. 

Workshop secara hybrid ini bertujuan memberikan gambaran kepada masyarakat dunia mengenai upaya yang dilakukan Indonesia dalam memperkuat kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memberikan kesetaraan akses literasi digital bagi penyandang disabilitas di Indonesia. 

Direktur Pemberdayaan Informatika, Boni Pudjianto mengatakan melalui workshop ini diharapkan akan ada diskusi dengan peserta dalam mengatasi masalah ketimpangan akses dihadapi penyandang disabilitas.

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap jumlah penduduk tersebut penyandang disabilitas di Indonesia mencapai sekitar 22,5 juta orang pada 2022.

Jumlah tersebut telah meningkat dari tahun 2021 yang sebesar 16,5 juta. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa hanya 7,6 juta dari 17 juta penyandang disabilitas usia produktif yang bekerja. 

"Oleh karena itu, untuk menyikapi hal ini Kemenkominfo memprakarsai program Literasi Digital inklusif bagi penyandang disabilitas," kata Boni Pudjianto dalam keterangannya dikutip Sabtu (18/3).

Dia menyampaikan bahwa kesetaraan hak bagi penyandang disabilitas telah menjadi agenda negara dalam beberapa tahun belakang ini. Saat ini, pemerintah telah melakukan strategi pentahelix (dari hulu ke hilir) untuk menanggapi isu ini. 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk mewujudkan inklusivitas bagi para penyandang disabilitas adalah dengan melakukan literasi digital, tambah Boni.

Penguatan literasi digital untuk disabilitas disuarakan di WSIS Forum 2023 yang diselenggarakan Kemenkominfo di Jenewa 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close