Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wujudkan Kedaulatan Energi, PLN Gagas Program Nyaman Kompor Induksi di Pulau Maratua

Jumat, 15 April 2022 – 15:31 WIB
Wujudkan Kedaulatan Energi, PLN Gagas Program Nyaman Kompor Induksi di Pulau Maratua - JPNN.COM
Kompor induksi. Foto dok PLN

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - PT PLN meluncurkan program konversi Kompor LPG ke Kompor Induksi, bertajuk Nyaman Kompor Induksi untuk mewujudkan kawasan wisata yang ramah lingkungan.

Pulau Maratua, salah satu pulau terluar di Kalimantan Timur yang tersohor dengan pesona wisata baharinya ini terpilih sebagai lokasi pilot project pelaksanaan program ini.

Melalui program Nyaman Kompor Induksi, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) menyerahkan 600 unit kompor induksi untuk warga Pulau Maratua, Selasa (12/4).

Untuk menyukseskan program ini, PLN UIW Kaltimra bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Berau, Bank Kaltimtara, Berau Coal, PLN Group, juga hotel dan resort di Pulau Maratua.

General Manager PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto menegaskan, upaya ini merupakan salah satu strategi perseroan dalam mewujudkan kedaulatan energi di Indonesia.

Menurutnya, konversi ke kompor induksi bisa menjadi awal yang baik untuk kemandirian energi, karena akan mengurangi ketergantungan pada impor LPG, dan beralih pada pemanfaatan listrik yang bersumber energi domestik.

"Terlebih, PLN memiliki roadmap pada 2024 untuk memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) sebagai pembangkit di Maratua," ujar Saleh.

Hal ini juga sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia untuk mengubah energi fosil ke energi hijau. Program 'Nyaman Kompor Induksi' diharapkan mampu mendorong pemanfaatan energi listrik, terutama kompor induksi, oleh para pelaku industri pariwisata dan masyarakat seiring visi Maratua untuk menjadi green island.

PLN Group menyerahkan sebanyak 600 unit kompor induksi untuk warga Pulau Maratua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close