Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wuzzz, Jet Tempur KF21 Hasil Kerja Sama Korsel dan Indonesia Sukses Mengudara  

Jumat, 30 Juni 2023 – 15:30 WIB
Wuzzz, Jet Tempur KF21 Hasil Kerja Sama Korsel dan Indonesia Sukses Mengudara   - JPNN.COM
Jet Tempur KF21 hasil proyek kerja sama Indonesia dan Korea Selatan. Foto: dok KAI

jpnn.com, BUSAN - Jet tempur KF21 hasil kerja sama Korea Selatan dan Indonesia sukses mengudara saat uji terbang perdana pada Rabu (28/6). Penerbangan perdana itu dilakukan selama 33 menit.

Jet tempur itu merupakan prototype keenam yang menjadi bagian dalam rangkaian proyek Korea Selatan dan Indonesia pada 2015.

Berdasarkan laporan dari Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA), jet tempur tersebut lepas landas dari sayap pelatihan terbang ke-3 Angkatan Udara di Sacheon, Korea Selatan pada pukul 15.49 waktu setempat.

Sekretaris Pertama Kerja Sama Industri Pertahanan dan Akuisisi Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia, Kim Hyun-wook mengatakan semua prototipe jet tempur tersebut telah menjalani uji terbang dan siap untuk produksi massal.

Sebelumnya prototipe jet tempur pertama dan kedua menjalani uji terbang pada Juli dan November 2022, sedangkan yang ketiga, keempat, dan kelima masing-masing pada Januari, Februari, dan Mei tahun ini.

"Ini akan dikerahkan ke Angkatan Udara Korea mulai 2026, juga bisa dikerahkan ke Indonesia dalam waktu dekat jika berpartisipasi secara normal dalam proyek ini, seperti pembayaran bagian biaya," kata Kim Hyun-wook dalam keterangan pada awak media baru-baru ini.

Keenam prototipe itu akan menjalani lebih dari 2.200 tes penerbangan gabungan, hingga paruh pertama 2026 sebelum diproduksi massal untuk kebutuhan Angkatan Udara. Dilansir dari The Korea Times, Korsel berencana mempersiapkan jet tempur dengan twin-seater itu untuk misi pendidikan dan pelatihan pilot. (flo/jpnn)

Jet tempur itu merupakan prototype keenam yang menjadi bagian dalam rangkaian proyek Korea Selatan dan Indonesia pada 2015.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close