Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WWF ke-10 di Bali, Putu Rudana Usul Tiap Negara Bikin Omnibus Law Tentang Air

Selasa, 21 Mei 2024 – 11:44 WIB
WWF ke-10 di Bali, Putu Rudana Usul Tiap Negara Bikin Omnibus Law Tentang Air - JPNN.COM
Wakil Ketua BKSAP DRP RI Putu Rudana saat menjadi panelis di forum WWF ke-10 di Bali. Foto: supplied.

jpnn.com, NUSA DUA - Anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) untuk Pembangunan Berkelanjutan Putu Supadma Rudana mengusulkan agar dibuatkan regulasi khusus atau Omnibus Law tentang air.

Usulan disampaikan Putu Rudana saat menjadi salah satu panelis dalam World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (20/5).

Menurut Putu, isu air ini adalah hal yang sangat penting. Water scarcity atau kelangkaan air, dan krisis air atau water challenges crisis terjadi di berbagai tempat sehingga water security and equity ini harus segera diwujudkan.

"Karena air itu sangat penting bagi kita semua. Sebagai water warrior kita harus kawal dan jaga air ini untuk masa depan anak cucu kita,” kata wakil ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI itumelalui siaran pers.

Putu menegaskan diperlukan komitmen dari pemerintah atau stakeholder, minister, termasuk komitmen dari parlemen serta civil society.

Menurut dia, parlemen harus berada di barisan terdepan membahas isu tentang air karena memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Oleh karena itu, Putu Rudana mengajak delegasi parlemen di WWF ke-10 di Bali memperhatikan isu air, serta standing committee untuk sustainable development.

"Ke depan harus satu resolusi tentang air, ada share outcome dari parlemen yang betul-betul mewakili Organisasi Parlemen Dunia (IPU). Sehingga secara global, kita punya komitmen mengatasi permasalahan air," tutur politikus asal Bali itu.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Rudana mengusulkan tiap negara peserta World Water Forum atau WWF ke-10 di Bali punya omnibus law tentang air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA