Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Xanana Berkuasa Lagi, Kembali Dilantik Menjadi Perdana Menteri

Sabtu, 01 Juli 2023 – 23:32 WIB
Xanana Berkuasa Lagi, Kembali Dilantik Menjadi Perdana Menteri - JPNN.COM
Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, DILI - Tokoh pejuang kemerdekaan Timor Leste Xanana Gusmao kembali menduduki posisi penting di pemerintahan negerinya.

Kay Rala Xanana Gusmao -nama panjangnya- menjadi perdana menteri (PM) setelah partainya, Kongres Nasional Rekonstruksi Timor (CNRT) memenangi pemilu pada Mei lalu.

Pada pemilu itu, CNRT berhasil mengantarkan 31 kadernya ke kursi parlemen. Namun, jumlah itu belum mencukupi untuk memenuhi syarat 50 persen+1 dari 65 kursi.

Syarat minimal untuk membentuk pemerintahan di Timor Leste ialah memiliki 33 kursi di parlemen. Oleh karena itu, CNRT menggandeng Partai Demokrat.

Para anggota kabinet baru Timor Leste, termasuk Xanana, dilantik di Istana Kepresidenan di Dili, Sabtu (1/7).

"Saya berjanji akan menjalankan tugas yang dipercayakan oleh rakyat kepada saya dan membawa kesejahteraan bagi rakyat Timor melalui program pemerintah," kata Xanana pada upacara pelantikannya.

Sebenarnya kursi PM bukanlah jabatan baru bagi tokoh berusia 77 tahun yang pernah mendekam di LP Cipinang itu.

Pada 2007-2015, Xanana dipercaya menjadi PM Timor Leste. Mantan pemimpin gerilyawan itu juga perah menjadi Presiden Timor Leste pada era 2002-2007.

Xananan Gusmao yang dilantik menjadi perdana meteri lagi menghadapi persoalan berat di Timor Leste, yakni kemiskinan dan layanan kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close