Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yaman Mencekam, Ulama Diminta Bujuk Santri Pulang

Senin, 12 Desember 2011 – 16:52 WIB
Yaman Mencekam, Ulama Diminta Bujuk Santri Pulang - JPNN.COM
JAKARTA—Situasi politik yang berujung pada perang saudara di Yaman, semakin mencekam. Pasca tewasnya dua pelajar WNI, saat ini masih ada sekitar 150 santri WNI yang dikabarkan terjebak di pesantren Darul Hadist, yang sedang dikepung kelompok bersenjata.

Evakuasi para santri ini mendapat kendala karena tidak ada izinnya dari pemerintah setempat. Selain itu para santri ada juga yang memilih bertahan membela sekolah mereka. Untuk itu,  Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Wardana, meminta para ulama dan pihak-pihak yang memiliki hubungan dengan situasi ini, ikut membujuk para santri WNI untuk berkenan keluar dari daerah konflik.

Hingga saat ini kata Wardana, pemerintah sudah berusaha untuk melindungi 3.100 warga negara Indonesia yang berada di Yaman. Kondisi Yaman yang belum kondusif, turut memperlambat proses evakuasi. Hingga periode April-Juni, jumlah WNI yang berhasil dievakuasi baru sebanyak 261 orang.

‘’Saat ini masalahnya belum ada izin karena perkembangan keamanan. Kedua, membujuk para santri juga kurang mendapat perhatian. Mereka lebih condong bertahan sesuai kepercayaanya untuk membela pesantren tersebut dari pihak luar,’’ kata Wardana di Jakarta, Senin (12/12).

JAKARTA—Situasi politik yang berujung pada perang saudara di Yaman, semakin mencekam. Pasca tewasnya dua pelajar WNI, saat ini masih ada sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA