Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yao Ming Bawa Bendera Tuan Rumah

Jumat, 08 Agustus 2008 – 09:48 WIB
Yao Ming Bawa Bendera Tuan Rumah - JPNN.COM
Yao Ming dielu-elukan warga China. Foto: Reuters.
BEIJING  –  Bintang basket Tiongkok Yao Ming dipastikan tak akan menjadi penyulut api olimpiade di kaldron utama saat pembukaan Olimpiade. Namun, dia mendapatkan kehormatan lain dari negaranya. Yao dipercaya untuk membawa bendera negaranya saat defile atlet pada upacara pembukaan hari ini.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Deputi Menteri Olahraga Tiongkok Cui Dalin pada hjurnalis, kemarin. Menurutnya, Yao memenuhi semua kriteria yang diajukan untuk membawa bendera negara kontingen terbesar pada olimpiade 2008 itu. Dalin sendiri tak menyebutkan kriteria yang dimaksudkan.

‘’Banyak di antara atlet dalam kontingen kami yang memenuhi kriteria. Setelah melalui konsultasi dan pembicaraan serius, kami memutuskan kehormatan tersebut pada Mr Yao Ming,’’ tutur Dalin seperti dikutip Reuters.

‘’Yao Ming adalah atlet yang hebat, pemain basket yang skilful. Dia menunjukkan sportifitas yang luar biasa dan memiliki image yang baik di publik. Kami percaya dia dapat merepresentasikan atlet Tiongkok dengan sempurna,’’ tegasnya.

Sebenarnya, kehormatan tersebut bukanlah yang pertama kali bagi Yao. Dia sudah melakukannya di Olimpiade Athena 2004 lalu. Namun, tetap saja dia menyambutnya dengan sukacita.

‘’Saya sangat antusias untuk kembali menjadi pembawa bendera, apalagi kali ini di negeri sendiri. Tentu akan benar-benar berbeda dengan pengalaman di Athena,’’ ujar pebasket yang memperkuat salah satu tim NBA, Houston Rockets itu, pada AFP.

Untuk itu, Yao memperkirakan akan terjadi sambutan luar biasa dari publik tuan rumah yang akan hadir di National Stadium, tempat berlangsungnya upacara pembukaan. Dengan kapasitas maksimal 92 ribu tempat duduk, Yao juga memperkirakan akan terjadi kebisingan yang memekakkan telinga saat kontingen Tiongkok melintas.

‘’Atmosfer stadion akan mencapai titik terpanasnya. Saya takut akan membutuhkan penutup telinga untuk itu,’’ canda Yao.

BEIJING  –  Bintang basket Tiongkok Yao Ming dipastikan tak akan menjadi penyulut api olimpiade di kaldron utama saat pembukaan Olimpiade.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close