Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yayasan Batik Jawa Barat Gelar Sejumlah Kegiatan Saat Rayakan Hari Batik

Selasa, 15 Oktober 2024 – 15:22 WIB
Yayasan Batik Jawa Barat Gelar Sejumlah Kegiatan Saat Rayakan Hari Batik - JPNN.COM
Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian pada acara peringatan Hari Batik. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komisi X DPR RI menghadirkan pemutaran film dokumenter kriya batik Jawa Barat, Gelar Wicara dan Pergelaran Busana keindahan wastra batik Jawa Barat dalam Tutur Batik: Jejak Artistik Para Penjaga Tradisi Batik Jawa Barat di Galeri Indonesia Kaya.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Batik yang jatuh pada 2 Oktober 2024 lalu.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengungkapkan batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Batik Jawa Barat memiliki keunikan tersendiri, dengan ragam motif dan proses kreatif yang berbeda.

Pada peringatan Hari Batik kali ini, kami memberikan dukungan terhadap Yayasan Batik Jawa Barat dalam menyelenggarakan kegiatan Tutur Batik: Jejak Artistik Para Penjaga Tradisi Batik Jawa Barat dan juga menghadirkan film dokumenter yang mengangkat kekayaan warna dalam setiap karya batik dari Jawa Barat, bertajuk Asmaraloka Batik Tatar Sunda yang dapat disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya.

“Sebagai upaya kami dalam menyebarkan wawasan tentang budaya Indonesia kepada masyarakat. Semoga Film dokumenter ini dapat menambah wawasan serta memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional,” ujar Renitasari Adrian.

Untuk diketahui, kegiatan Tutur Batik: Jejak Artistik Para Penjaga Tradisi Batik Jawa Barat ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa proses kreatif dan seni para perajin batik Jawa Barat terus melaju mengikuti gerak langkah dunia seni dan keindahan mode fashion.

Hal ini merupakan bagian tak terelakan dari kebutuhan mutlak sebagai makhluk yang beradab untuk menutupi tubuhnya dengan balutan kain-kain yang indah dan istimewa.

Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan Hari Batik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA