Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yingluck Memohon Raja Izinkan Thaksin Pulang

Kamis, 17 November 2011 – 08:53 WIB
Yingluck Memohon Raja Izinkan Thaksin Pulang - JPNN.COM
BANGKOK--Kekhawatiran masyarakat Thailand terhadap pemerintahan Yingluck Shinawatra terbukti. Kemarin (16/11), kabinet yang dipimpin politikus 44 tahun tersebut mengajukan permohonan kepada Raja Bhumibol Adulyadej untuk mengampuni Thaksin Shinawatra. Berbekal ampunan, mantan PM tersebut bisa kembali ke Thailand.

Langkah kabinet untuk mengembalikan kakak Yingluck ke panggung politik itu menuai reaksi keras oposisi. "Ini menunjukkan bahwa apa yang selama ini mereka lakukan hanyalah untuk menyelamatkan satu orang saja," ungkap Sakoltee Phattiyakul, wakil jubir Partai Demokrat Thailand, mengacu pada permohonan ampunan tersebut. Dia yakin, upaya tersebut hanya akan meningkatkan ketegangan politik dalam negeri.

Sakoltee juga menyayangkan kabinet yang menyepakati rancangan dekrit politik tersebut meski masih terbeban bencana banjir. "Masalah banjir belum usai, kabinet malah menyepakati kebijakan baru," sesalnya. Senada dengan Sakoltee, Sirichok Sopha juga menyesalkan langkah kabinet Yingluck. Politikus oposisi itu khawatir, dekrit tersebut akan membuat masyarakat terbelah.

"Jika Raja (Bhumibol) mengabulkan permohonan tersebut, maka hukum Thailand akan tercoreng. Itu akan menjadi hari yang paling menyedihkan bagi seluruh rakyat. Saya yakin, masyarakat akan semakin terpecah-belah," kata Sirichok di hadapan media Thailand kemarin. Yang jelas, lanjut dia, oposisi tidak akan pernah mendukung ampunan terhadap politikus sekaligus pebisnis yang dikudeta pada 2006 lalu.

BANGKOK--Kekhawatiran masyarakat Thailand terhadap pemerintahan Yingluck Shinawatra terbukti. Kemarin (16/11), kabinet yang dipimpin politikus 44

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA