Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Youk Tanzil: Pengusaha yang 'Gila' Petualangan Alam, Naik Gunung Gunakan Kruk

Abadikan Perjalanan, Jadi Produk Promo Pariwisata ke Seratus Negara

Kamis, 29 Maret 2012 – 00:02 WIB
Youk Tanzil: Pengusaha yang 'Gila' Petualangan Alam, Naik Gunung Gunakan Kruk - JPNN.COM
Youk Tanzil (kaos hitam) berbincang menjelang ekpedisi tahap kedua Ring Of Fire di Jakarta. Foto : Raka Denny/Jawa Pos
Youk Tanzil, 59, punya cara tersendiri untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada alam Indonesia. Dia berkeliling Indonesia naik sepeda motor dan hasil dokumentasinya dijual ke seratus negara di dunia. Petualangan penuh risiko, tapi menyenangkan dan menguntungkan.

  SUGENG SULAKSONO, Jakarta

PAGI itu cuaca masih dingin di Kefamenanu, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Tim ekspedisi Ring of Fire Indonesia (RoFI) yang terdiri atas lima sepeda motor besar dan dua mobil pendukung kembali melanjutkan perjalanan di tengah cuaca gerimis untuk menyelesaikan fase pertama dengan rute Kupang-Jakarta.

 

Menyadari melintas di jalanan basah yang tidak terlalu lebar, rombongan yang dipimpin Youk Tanzil membatasi kecepatan di kisaran 30-40 km/jam. Namun, malang tak dapat ditolak, sepeda motor bebek muncul secara tiba-tiba dari arah berlawanan, menyerempet motor paling depan, lalu menabrak motor kedua yang dikendarai Youk. Meski tabrakannya tak begitu keras, tas motor Youk sampai terpental dan menghantam setang motor ketiga yang ditunggangi anaknya, Banyu, 32. Semua terjatuh mencium aspal.

 

Dalam kecelakaan itu, kondisi Youk paling parah. Saat terjatuh, kaki kirinya terjepit engine guard motor Kawasaki jenis off road 600 cc yang dikendarai pengusaha dan kontraktor itu. Akibatnya fatal. Tulang kering kaki kiri Youk patah. Bapak tiga anak itu pun terkapar di pinggir jalan sambil menunggu pertolongan medis lebih lanjut. 

Youk Tanzil, 59, punya cara tersendiri untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada alam Indonesia. Dia berkeliling Indonesia naik sepeda motor dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close