Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yuk Atasi Retensi Air dan Kembung dengan Cara ini

Jumat, 08 April 2016 – 08:09 WIB
Yuk Atasi Retensi Air dan Kembung dengan Cara ini - JPNN.COM
Ilustrasi

jpnn.com - JPNN.com - Kita semua pasti pernah mengalami retensi air dan kembung, namun untuk beberapa orang, masalah itu sepertinya tidak pernah hilang.

Retensi air terjadi ketika tubuh mengandung lebih banyak air dari yang seharusnya. Perut kembung, berfluktuasi berat dan bengkak pada bagian-bagian tubuh seperti kaki, tangan dan pergelangan kaki adalah indikator dari kelebihan cairan yang terperangkap dalam tubuh.

Kadang, retensi air bisa menjadi tanda kondisi medis serius, seperti jantung atau penyakit ginjal. Jadi lebih baik segera diperiksa ke dokter, jika Anda mengalami semua gejala di atas, terutama bila terjadi pembengkakan.

Tapi, jika Anda hanya merasa kembung, perubahan pola makan sederhana bisa mengurangi retensi air dan kembung. Berikut beberapa tips mengatasi retensi air dan kembung, seperti dilansir laman Care2, Rabu (6/4).

1. Mengurangi asupan natrium.

Tubuh kita membutuhkan natrium untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kelebihan natrium bisa membuat tubuh menahan lebih banyak cairan dari seharusnya.

Hampir semua makanan olahan kaya natrium, jadi jangan lupa untuk memeriksa kandungan natrium dalam makanan kemasan dan kaleng. Dan menghindari menambahkan kelebihan garam dalam makanan saat memasak.

Studi ini juga menemukan bahwa orang-orang yang banyak berkeringat melalui berbagai aktivitas mungkin perlu lebih banyak natrium untuk menebus jumlah yang hilang melalui keringat.

JPNN.com - Kita semua pasti pernah mengalami retensi air dan kembung, namun untuk beberapa orang, masalah itu sepertinya tidak pernah hilang. Retensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close