Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yuk, Simak 'Dongeng Bahagia di Rumah' Lewat #FDII2020

Selasa, 24 November 2020 – 10:40 WIB
Yuk, Simak 'Dongeng Bahagia di Rumah' Lewat #FDII2020 - JPNN.COM
Foto: AyoDI

jpnn.com, JAKARTA - Masa pandemi tak menghalangi penyelenggaraan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020 atau #FDII2020.

Komunitas Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) kembali menggelar ajang tahunan itu pada 23-28 November 2020 dengan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Bank BNI, Danone Indonesia, Kultural Indonesia, Museum Nasional, Taman Bacaan Pelangi, Naoura Books, Room to Read, Provisi Education dan Institut Kebudayaan Italia.

Senin (23/11), Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid membuka festival dongeng terbesar di Indonesia itu. Namun, yang membedakan #FDII2020 dibandingkan event serupa pada tahun-tahun sebelumnya ialah penyelenggaraannya secara virtual.

Communication and Media Relation #FDII2020 RR Prima Purnama Sari mengatakan, kali ini ajang tahunan itu mengangkat tema Dongeng Bahagia di Rumah. "Festival ini sebagai upaya merawat tradisi penuturan cerita dalam keluarga dan masyarakat debagai budaya bangsa," ujarnya.

Kak Roro -panggilan akrab RR Prima Purnama Sari- menuturkan, biasanya FDII yang digelar untuk menyambut Hari Dongeng Nasional pada 28 November selalu digelar di aula besar. Ajang itu juga selalu melibatkan ratusan pendongeng dengan target penonton mencapai puluhan ribu orang.

Namun, masa pandemi Covid-19 memaksa AyoDI menggelar #FDII2020 dengan konsep berbeda. "Untuk tahun 2020 ini FDII hadir dengan tampilan baru," sambungnya.

Roro menambahkan, FDII hadir dengan jangkauan lebih luas melalui teknologi informasi. Berbagai dongeng dalam festival itu bisa disimak melalui kanal Ayo Dongeng Indonesia di YouTube, aplikasi Zoom, serta akun @ayodongeng_ind di Instagram.

"Kami juga menyiapkan banyak tamu spesial selama #FDII2020," sambung Roro.

Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) kembali hadir dengan konsep berbeda seiring masa pandemi yang belum mereda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close