Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Zulhas Bilang Pemerintah Sediakan Rp 71 Triliun untuk Program Makan Bergizi Gratis

Jumat, 26 Juli 2024 – 14:30 WIB
Zulhas Bilang Pemerintah Sediakan Rp 71 Triliun untuk Program Makan Bergizi Gratis - JPNN.COM
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menunjukkan porsi makan bergizi gratis di SMA Negeri 3 Semarang. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut pemerintah telah menyiapkan Rp 71 triliun untuk program makan bergizi gratis.

Zulhas menyatakan dana triliunan itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN yang akan digelontorkan pada 2025.

"Pada 2025 ada Rp 71 T dari APBN," kata Zulhas seusai sosialisasi kebijakan bangga dengan buatan Indonesia di SMA Negeri 3 Semarang, Jumat (26/7).

Nantinya, rengrengan anggaran tersebut akan diserahkan kepada ahli gizi untuk membedah nilai yang diterapkan pada tiap daerah. Pasalnya, nilai per porsi tidak sama.

"Nanti dilihat itu bisa satu kali makan siang berapa, nanti dihitung oleh ahli gizi, tiap daerah beda-beda mungkin, ya," katanya.

Selanjutnya, para ahli gizi melakukan optimalisasi untuk menentukan nilai porsi di tiap daerah se-Indonesia.

Menurut dia, program makan siang bergizi gratis besutan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka itu akan dimulai tahun depan.

"Belum ada (keputusan, red) nanti Rp 15 ribu atau berapa nanti dihitung, ini kami sosialisasi akan kasih masukan," ujarnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut pemerintah telah menyiapkan Rp 71 triliun untuk program makan bergizi gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA