Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bisa Ubah Sagu Jadi Beras, Dapat Hadiah Avanza

Sayembara Dahlan untuk Mahasiswa ITS

Minggu, 01 April 2012 – 08:08 WIB
Bisa Ubah Sagu Jadi Beras, Dapat Hadiah Avanza - JPNN.COM
SURABAYA - Menteri BUMN Dahlan Iskan membuat sayembara di hadapan sekitar 1.500 mahasiswa ITS kemarin (31/3) di Gedung Pusat Robotika. Dia akan memberikan sebuah mobil Toyota Avanza bagi mahasiswa yang bisa membikin teknologi untuk mengubah tepung sagu menjadi mirip beras. Bukan hanya dari bentuk, tapi rasa, warna, dan aroma juga harus mirip.

"Please dipikirkan ini, akan banyak yang tertolong," ujar Dahlan saat jadi pembicara pada Kuliah Bung Karno kemarin. Dia mengungkapkan, di Papua ada satu hektare hutan sagu yang harus diolah dengan baik. Ke depan,  pihaknya akan membuat pabrik di Sorong untuk pengolahan sagu itu. Bila pabrik itu beroperasi, maka bisa didistrubusikan ke Indonesia bagian barat.

Mantan Direktur Utama PLN itu meyakini, tantangan itu bukan hal yang sulit bagi warga ITS. Sebab, sebelumnya dia telah melihat sendiri penggilingan padi yang dibuat alumus jurusan Teknik Sipil ITS di Gresik. Dia menilai alat tersebut cocok dengan kultur petani Indonesia. Lantaran selain bisa menuai padi, juga bisa memotong sisa batang padi untuk pakan ternak. "Kalau alat dari luar negeri tak cocok," katanya.

Selain itu, ada pula kapal three in one yang bisa mengangkut orang, barang, dan ternak. Selama ini, kapal yang berangkat ke Indonesia timur pasti penuh dengan barang-barang. Tapi, bila kembali sering kosong mlompong. Nah, penambahan ruang khusus ternak itu bisa digunakan untuk mendistribusikan sapi dari NTT, misalnya. "Dalam setahun kita masih impor 350 ribu ekor sapi," ujarnya.

SURABAYA - Menteri BUMN Dahlan Iskan membuat sayembara di hadapan sekitar 1.500 mahasiswa ITS kemarin (31/3) di Gedung Pusat Robotika. Dia akan memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close