Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Tentukan Arah Koalisi Pilpres pada Injury Time

Demokrat Tak Khawatir Ditinggal

Senin, 28 April 2014 – 09:19 WIB
SBY Tentukan Arah Koalisi Pilpres pada Injury Time - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat yakin dengan keputusannya untuk tidak harus terburu-buru menentukan kebijakan politik seputar agenda pilpres 9 Juli nanti. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, pilihan memastikan arah koalisi pada detik-detik akhir (injury time) menjelang pendaftaran capres-cawapres di KPU, pertengahan Mei 2014, justru yang terbaik.

Setelah menutup debat terakhir konvensi capres Partai Demokrat di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (27/4), SBY menegaskan bahwa partainya akan terus mematangkan proses politik di internal terlebih dahulu. Sembari terus menjalin komunikasi dengan semua pihak, termasuk partai-partai politik di luar Demokrat.

Menurut SBY, keputusan menjalankan sejumlah tahapan internal bertujuan agar Demokrat memperoleh keputusan yang tepat. Demokrat juga ingin menunjukkan sikap bahwa koalisi dengan partai lain tidak sekadar didasari hitung-hitungan politik.

“Bukan sekadar sekian persen tambah sekian persen (sehingga) menjadi cukup untuk mengajukan calon sendiri, bukan itu. Atau (hitung-hitungan, Red) agar Partai Demokrat tidak ketinggalan kereta dukung capres A atau B,” tutur SBY.

Demokrat, lanjut SBY, bukan partai yang oportunistis. Partai yang hanya mengejar agar tidak sampai terlewat untuk bisa masuk dalam barisan koalisi tertentu. Kata SBY, partainya mendasarkan diri pada niat agar jika nanti berhasil meraih mandat memerintah lima tahun ke depan, koalisi yang terbangun benar-benar mendorong keberhasilan pemerintah.

“Bukan, sekali lagi, persentase ketemu dengan persentase, apalagi dengan (mengajukan) persyaratan yang tidak semestinya, bukan,” tandas presiden RI yang hampir menyelesaikan periode keduanya tersebut.

Di luar proses internal partainya, SBY juga memaparkan perlunya mencocokkan platform partainya dengan visi dan misi partai lain sebagai pertimbangan berkoalisi. Platform Demokrat yang dia maksud di antaranya adalah yang telah tertuang dalam program aksi, termasuk sasaran umum dan sebelas sasaran khusus yang dalam pileg lalu menjadi bahan kampanye. “Kami tentu tidak dukung (kalau) platform (partai/capres) itu bertentangan total dengan apa yang menjadi platform Partai Demokrat,” tegasnya.

Menurut SBY, lebih baik partainya berada di luar pemerintahan jika menghadapi kondisi tersebut. “Kami akan jadi bagian solusi dan tetap berkontribusi bagi kemajuan bangsa meski dengan cara berbeda,” ucapnya.

JAKARTA - Partai Demokrat yakin dengan keputusannya untuk tidak harus terburu-buru menentukan kebijakan politik seputar agenda pilpres 9 Juli nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close