Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suud, Pembuat Alat Bantu Gerak untuk ABK di YPAC

Selama 42 Tahun Mengabdi, Kini Bergaji Rp 800 Ribu

Kamis, 20 November 2014 – 00:17 WIB
Suud, Pembuat Alat Bantu Gerak untuk ABK di YPAC - JPNN.COM
Suud, tukang pembuat alat bantu untuk anak berkebutuhan khusus (ABK)

jpnn.com, SURABAYA - Su’ud bukan tukang biasa. Dia adalah tukang pembuat alat bantu untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Bagaimana suka-dukanya 42 tahun mengabdi di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC)?

Laporan Muniroh , Surabaya

HALAMAN sekolah YPAC terlihat ramai Senin (17/11). Belasan anak berkursi roda asyik bercengkerama. Di sebuah bengkel dalam area sekolah, seorang pria terbenam dalam pekerjaan.

Pria itu sibuk membuat sepatu. Bentuknya berbeda dengan sepatu biasa. Warnanya hitam dan tampak kuat. Ya, dia sedang membuat sepatu khusus. Di dalam rongganya ada pelat besi. Tali sepatu juga dibuat begitu erat.

Pria 61 tahun itu adalah Su’ud. Namanya memang pendek. Namun, jejak kontribusinya untuk anak difabel sangat panjang. Separo lebih hidupnya diabdikan untuk anak-anak yang kurang beruntung tersebut.

Saat itu Su’ud tidak hanya membuat sepatu. Dia juga tengah memperbaiki lemari untuk alat peraga ABK.

Di usia yang tidak lagi muda, Su’ud masih kuat memaku, memalu, dan mengangkat kayu. ”Saya bikin semua alat bantu untuk anak cerebral palsy dan polio. Alatnya harus khusus,” ujarnya.

Menurut dia, cerebral palsy adalah penyakit gangguan gerakan dan otot. Sementara itu, polio merupakan penyakit yang menyerang sumsum tulang belakang. Penderita dua penyakit tersebut tidak bisa bergerak normal. Mereka tidak memiliki keseimbangan.

Su’ud bukan tukang biasa. Dia adalah tukang pembuat alat bantu untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Bagaimana suka-dukanya 42 tahun mengabdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close