Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertalite; Cara Pertamina Lari dari Tanggung Jawab?

Minggu, 19 April 2015 – 14:10 WIB
Pertalite; Cara Pertamina Lari dari Tanggung Jawab? - JPNN.COM
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Upaya PT Pertamina untuk meniadakan premium secara bertahap dan menggantinya dengan pertalite mendapat sorotan dari para pengamat. Salah satunya dari Direktur Eksekutif Energy Watch, Ferdinand Hutahaean. 

Ferdinand menilai hadirnya pertalite untuk membebaskan Pertamina dari penugasan pemerintah. Selama ini untuk menentukan harga premium, Pertamina membutuhkan lampu hijau dari pemerintah. 

Namun, untuk pertalite, Pertamina terbebas dari hal tersebut. "Pertalite ini tidak lebih dari akal-akalan Pertamina saja untuk lepas dari bisnis premium RON 88 yang masih menjadi kewajiban Pertamina atau sering disebut BBM penugasan. Karena untuk premium RON 88, Pertamina tidak bisa menentukan harga sendiri tetap diatur pemerintah," ungkap Ferdinand kepada JPNN.com, Minggu (19/4).

Selain itu, menurut Ferdinand, tata kelola niaga dan pengadaan premium RON 88 sangat boros, hingga menyebabkan harga yang dinikmati masyarakat tidak wajar, sementara keuntungan Pertamina di bisnis ini dibatasi oleh pemerintah.

Nah, dengan adanya produk baru pertalite ini, Pertamina akan bebas mengatur harga karena diserahkan ke mekanisme pasar murni. "Pemerintah akan meraup untung dari bisnis ini. Ini cara culas Pertamina untuk menghindari tanggungjawab terhadap rakyat," sebutnya. (chi/jpnn)

JAKARTA - Upaya PT Pertamina untuk meniadakan premium secara bertahap dan menggantinya dengan pertalite mendapat sorotan dari para pengamat. Salah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close