Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

19 Kabupaten/Kota Terima Anugerah Literasi

Senin, 20 Maret 2017 – 14:22 WIB
19 Kabupaten/Kota Terima Anugerah Literasi - JPNN.COM
?19 Kabupaten/Kota Terima Anugerah Literasi. Foto: Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 19 kabupaten/kota yang merupakan mitra USAID Prioritas menerima‎ anugerah literasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kabupaten/kota penerima anugerah literasi adalah daerah yang memprogramkan secara khusus kegiatan-kegiatan literasi di sekolah sehingga diharapkan bisa menjadi rujukan bagi lainnya.

Adapun 19 kabupaten/kota tersebut adalah Aceh Barat Daya, Bireun, Labuhanbatu, Serdang Bedagai, Serang, Tangerang, Cimahi, Bandung Barat, Tasikmalaya, Banjarnegara, Demak, Sragen, Banyuwangi, Blitar, Lumajang, Sidoarjo, Sidrap, Maros, Wajo.

Menurut Direktur USAID Prioritas Stuart Weston, kriteria yang dipakai dalam menentukan kabupaten/kota model literasi adalah, program literasi dipayungi peraturan bupati/wali kota, ada anggaran jelas dari APBD, ada tim dan koordinator, sekolah menerapkan kegiatan 15 menit membaca, dan ada program jelas tentang suplai buku ke sekolah.

Selain itu, ada program pelatihan guru dan sekolah dalam pengembangan literasi.

"Berdasarkan penilaian membaca di kelas awal yang dilakukan program USAID Prioritas sejak 2012 di lebih dari 50 daerah mitra, kemampuan membaca kata berhasil cukup baik, tetapi kemampuan memahami isi bacaan masih perlu dikembangkan," kata Weston, Senin (20/3).

Karena itu, USAID Prioritas berusaha meningkatkan pemahaman membaca siswa serta mengembangkan minat membaca.

Untuk mendukung pembelajaran membaca di kelas awal SD dan MI, program USAID Prioritas telah bekerja sama dengan Kemendikbud dan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) untuk mengembangkan 75 judul buku bacaan berjenjang.

Sebanyak 19 kabupaten/kota yang merupakan mitra USAID Prioritas menerima‎ anugerah literasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close