10 Kawasan Perbatasan Berstatus Quo

Jumat, 21 Oktober 2011 – 09:36 WIB

PONTIANAK--Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Komunikasi Sosial Panglima TNI, Mayjen TNI Armyn Angkasa Ali Anyang kembali menegaskan tidak ada pencaplokan di Dusun Camar BulanKawasan seluas 1.499 hektar yang disebut-sebut dicaplok Malaysia itu masih status quo

BACA JUGA: Dua Pos Perbatasan Tak Bisa Digunakan



Nasib Camar Bulan itu sama dengan sembilan kawasan perbatasan Kalbar-Sarawak, Malaysia lainnya
“Di Kalbar ada 10 perbatasan yang status quo

BACA JUGA: Gajah Liar Turun Kampung

Mana ada pencaplokan,” tegasnya, kemarin (20/10) usai meresmikan Ali Anyang Center


Pemerintah Pusat, kata Armyn, melalui Menkopolhukam justru ingin kepastian dari penguasa wilayah di daerah

BACA JUGA: Ayam Impor Dilarang Masuk Batam

“Penguasa wilayah di daerah diminta kepastiannyaTernyata, Bupati Sambas menegaskan tidak ada pencaplokan-pencaplokan,” ungkapnya.

Bagaimana dengan dokumen 1978 dan Traktat London yang berbeda penjabaran tentang Camar Bulan ? Armyn memaparkan, dokumen 1978 sifatnya hanya memorandum of understanding (MOU)Belum ada kekuatan hukum di kedua negaraMakanya, Camar Bulan masih status qua“Itu (dokumen 1978) asih MOUMasih ada tahapan yang harus dijalani setelahnya,” ujarnya.

Setelah dibuat MOU oleh kedua negara, ada lagi yang namanya proses ratifikasiPada tahapan ini, status perbatasan tersebut belum juga memiliki kepastian hukumRatifikasi harus mendapat persetujuan parlemen“Masih Outstanding Boundary Problem (OBP)MOU perbatasan di Kalbar yang berstatus quo termasuk Camar Bulan belum ada persetujuan parlemen,” katanya.

Dikatakan Armyn, sejauh ini tidak ada gejolak di seluruh perbatasan KalbarDi Camar Bulan yang diributkan sekalipun, TNI tidak melakukan penambahan pasukanAktivitas di 31 pos perbatasan Kalbar, lanjut dia, masih seperti biasaMelakukan patroli rutin“Saya kemarin ke Jagoi Babang dan melintas di sepanjang perbatasan KalbarAman-aman sajaSampai sekarang tidak ada juga penambahan pasukan terkait isu Camar Bulan iniUangnya dari mana mau tambah pasukan,” ucapnya.(hen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asbuton Direkomendasikan pada PNPM Mandiri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler