Ayam Impor Dilarang Masuk Batam

Perlu 50 Ribu Ekor Ayam Per Hari

Jumat, 21 Oktober 2011 – 12:15 WIB
SEKUPANG - Kebutuhan ayam potong segar dan beku di Batam mencapai 50.000 ekor per hariAyam potong segar dipasok dari hasil usaha peternakan ayam yang ada di Batam dan wilayah Kepulauan Riau, sedangkan ayam beku dipasok dari Jawa

BACA JUGA: SBY Setuju Runway BIL Diperpanjang

Ayam impor dilarang masuk Batam.

Kepala Bidang Pertenakan, Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam, Sri Yunelli mengatakan Batam tak butuh impor ayam dari luar karena Pulau Jawa sudah bisa memenuhi kebutuhan ayam di Batam


Dilarangnya peredaran ayam impor tersebut adalah kebijakan dari peraturan pemerintah pusat yang mengagap pasokan ayam didalam negeri sudah bisa memenuhi kebutuhan didalam negeri

BACA JUGA: Tindaklanjuti Penurunan BI Rate

Sehingga apabila ada ayam dari Malaysia yang masuk ke Batam melalui pelabuhan-pelabuhan rakyat  bisa dipastikan ayam tersebut ilegal.

"Salah satu alasannya adalah suplai dalam negeri sudah cukup
Apabila kita temukan ayam impor yang beredar di pasar maka akan kita lakukan tindakan tegas dengan penyitaan ayam-ayam tersebut," tutur Yunelli.

Yunelli menjelaskan kebutuhan ayam potong segar dan beku di Batam mencapai 50.000 ekor perharinya

BACA JUGA: Pembatasan BBM Bersubsidi Mulai 2012

Khusus ayam potong segar dipasok dari hasil usaha peternakan ayam yang ada di Batam dan wilayah Kepulauan Riau untuk memenuhi sekitar 70 persen total kebutuhan.

"Sekitar 70-80 persen dipenuhi ayam segar dari peternak lokal, sedangkan 20-30 persen sisanya dipenuhi ayam beku dari Jawa," katanya.

Ia juga menjelaskan terus melakukan pengawasan terhadap stok ayam di gudang untuk menghindari kekurangan ayam di Batam"Kelangkaan ayam beku tak bakal terjadi selama masih ada pengiriman dari Jawa, tapi kelangkaan ayam segar mungkin saja terjadi," ungkapnya.

Yunelli menambahkan ayam beku yang dikirim dari Jawa bisa bertahan lama karena disimpan dalam pendingin dengan suhu minus 18 derajat celcius"Ayam tersebut bisa tahan hingga setahun, tapi kalau di kulkas bisa cuma satu minggu," katanya. (cr12)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggaran Untuk Raskin Dipatok Rp 17,6 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler