10 Manfaat Jahe yang Luar Biasa, Wanita Pasti Suka

Selasa, 07 Februari 2023 – 02:09 WIB
Rebusan jahe. Ilustrasi. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - JAHE sering Anda temuka di dapur ibu rumah tangga. Jahe biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu dalam beberapa hidangan gurih.

Namun selain itu, manfaat jahe untuk kesehatan tubuh juga luar biasa.

BACA JUGA: 5 Bahaya Makan Jahe Berlebihan, Bisa Timbulkan Serangan Penyakit Ini

Ilmu kedokteran kuno, Ayurveda, memberi jahe status peti obat virtual.

Tidak mengherankan karena jahe memiliki tradisi panjang dalam pengobatan herbal yang sangat efektif dalam mengurangi gejala gangguan pencernaan sebagai karminatif yang sangat baik (zat yang mendorong pembuangan gas usus) dan spasmolitik usus (zat yang membuat santai dan menenangkan saluran usus).

BACA JUGA: 7 Manfaat Air Jahe, Cegah Serangan Penyakit Kronis Ini

Penelitian ilmiah modern telah mengungkapkan bahwa jahe memiliki banyak khasiat terapeutik termasuk efek antioksidan, kemampuan untuk menghambat pembentukan senyawa inflamasi, dan efek antiinflamasi langsung.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

BACA JUGA: 6 Manfaat Jahe Tumbuk Campur Susu, Bikin Wanita Langsung Tersenyum Lebar

1. Antikoagulan

Ini membantu membuat trombosit darah kurang lengket mengurangi risiko aterosklerosis dan juga mengurangi tekanan darah pada pasien hipertensi.

Ekstrak jahe terbukti menurunkan tekanan darah arteri rata-rata.

2. Afrodisiak

Teh jahe, setelah makan yang tidak terlalu berat, setiap malam, telah lama digunakan dalam pengobatan impotensi, ejakulasi dini dan meningkatkan jumlah cairan.

3. Perawatan Radang Sendi

Sifat analgesik dan antiinflamasinya secara efektif mengurangi rasa sakit dan bengkak pada pasien yang menderita osteoartritis lutut, artritis reumatoid, dan ketidaknyamanan otot secara umum.

Untuk membantu meredakan nyeri otot dan persendian, tambahkan sedikit minyak esensial jahe ke dalam bak mandi Anda.

4. Penyembuhan Migrain

Kemampuan unik jahe untuk menghambat sintesis prostaglandin membantu meredakan nyeri dan peradangan pada pembuluh darah sehingga meredakan migrain.

5. Meredakan Pilek dan Flu

Ramuan ini bertindak sebagai antihistamin dan dekongestan, dua efek pereda dingin yang bisa membantu mengatasi gejala batuk terus-menerus dan sakit tenggorokan.

Properti antihistamin juga membantu mengobati alergi, menghambat kontraksi saluran napas dan membantu merangsang sekresi lendir.

6. Perawatan Diabetes

Jahe mengurangi kadar protein urin, mengontrol rasa haus dan keluaran urin, dan membalikkan kerusakan proteinuria-ginjal karena terlalu banyak protein dalam urin.

Ini juga melindungi saraf pada penderita diabetes dan menurunkan kadar lemak darah, membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

7. Pereda Mual

Bawang putih telah menjadi obat kuno untuk meredakan mual, gerakan, dan mabuk laut.

Pada wanita yang menderita morning sickness selama trimester pertama kehamilan, jahe meringankan gejala mual dan muntah.

Berguna untuk pengobatan mual pasca operasi, terutama setelah kemoterapi.

8. Perawatan Perut

Jahe tampaknya menumpuk di saluran pencernaan dan sifat karminatif (pengusir gas) memberikan kelegaan dari kembung dan gas serta membantu mengurangi perut kembung.

Jahe meningkatkan penyerapan dan asimilasi nutrisi penting, membantu memecah protein dalam makanan kamu, dan melindungi perut Anda dari bisul dengan meningkatkan sekresi lendir.

Jahe adalah bahan penting dalam obat antasida, pencahar, dan antigas.

9. Antikanker

Akar jahe memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi, pertahanan yang sangat baik terhadap kerusakan sel dan penyakit terkait yang disebabkan oleh radikal bebas.

Telah menunjukkan harapan besar dalam pencegahan dan pengobatan kanker limfoma, payudara, hati, kulit, kandung kemih dan kanker kolorektal.

Kemampuannya untuk mengurangi proliferasi sel kanker (menginduksi kematian sel (apoptosis) atau autophagy (mereka mencerna/menyerang diri sendiri)) mencegah sel kanker membangun resistensi terhadap pengobatan kanker.

10. Meredakan Nyeri Haid

Jahe adalah obat ampuh untuk mengurangi gejala kram dan nyeri pada dismenore primer (nyeri haid).(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jahe   manfaat jahe   mual   nyeri haid  

Terpopuler