10 Manfaat Jambu Biji yang Tidak Terduga, Penyakit Kronis Ini Langsung Ambyar

Jumat, 10 Juni 2022 – 04:40 WIB
Ilustrasi jambu biji. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - JAMBU biji merupakan buah yang memiliki rasa manis dengan daging putih dan merah muda serta kulit berwarna hijau.

Jambu biji juga telah lama dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C.

BACA JUGA: 4 Manfaat Daun Jambu Biji, Nomor 3 Bikin Kaget

Terlepas dari rasanya yang khas dan aroma intens yang indah, jambu biji juga dikenal karena nutrisi dan banyak manfaat kesehatannya.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

BACA JUGA: 4 Manfaat Mentimun, Selamat Tinggal Penyakit Kronis Ini

https://www.thehealthsite.com/fitness/10-health-benefits-of-guavas-99173/?fbclid=IwAR3hFGk07joDblNDR1L1BAjL-5fG6tN65xf7zWSPClhxCo6H7_F5txBiOTY.

1. Meningkatkan kekebalan Anda

Jambu biji adalah salah satu sumber vitamin C terkaya, mengandung empat kali lipat kandungan vitamin C yang ada pada jeruk.

BACA JUGA: 7 Manfaat Jambu Biji, Nomor 2 Tak Pernah Anda Duga

Satu jambu biji berukuran sedang menawarkan dua kali kebutuhan vitamin C harian, vitamin yang terkait erat dengan peningkatan kekebalan dan melindungi Anda dari infeksi dan patogen umum.

Peran jambu biji dalam kekebalan juga dikaitkan dengan tindakan antiinflamasi dan kemampuannya untuk menghambat molekul inflamasi seperti prostaglandin yang dilepaskan dalam kondisi autoimun seperti rheumatoid arthritis.

2. Menurunkan risiko kanker

Sifat anti kanker atau anti tumor jambu biji telah dikaitkan dengan adanya senyawa termasuk likopen, quercitin, vitamin C dan berbagai polifenol yang ada di dalamnya.

Senyawa ini berperan sebagai antioksidan kuat yang menetralisir radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, yang bisa memicu pertumbuhan kanker.

Ada bukti kuat yang menunjukkan potensi ekstrak jambu biji dalam mencegah penyakit kronis seperti kanker prostat, payudara, kulit, usus besar dan paru-paru.

3. Baik untuk penderita diabetes

Efek antidiabetes jambu biji telah disebutkan sejak lama dalam pengobatan Tiongkok.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Am J Chin Med menunjukkan bahwa 1 g/kg jus jambu biji secara signifikan mengurangi kadar gula pada pasien diabetes.

Studi tersebut menunjukkan bahwa jambu biji meningkatkan serta mencegah perkembangan diabetes.

Terlepas dari aktivitas seperti insulin yang dimiliki jambu biji, kandungan seratnya yang kaya dan indeks glikemik yang rendah membuatnya sangat baik untuk pasien diabetes juga.

Sementara kandungan serat memastikan kadar gula diatur dengan baik, indeks glikemik rendah menghambat lonjakan kadar gula secara tiba-tiba.

4. Memiliki sifat anti penuaan untuk kulit Anda

Kerusakan radikal bebas pada kulit bisa memicu pembentukan kerutan dan penuaan dini.

Jambu biji kaya akan vitamin C, vitamin A dan antioksidan seperti likopen dan karoten membantu melindungi kulit Anda dari kerutan dan garis halus, sehingga membuat Anda terlihat lebih muda.

Usia tua adalah suatu kepastian dalam kehidupan setiap orang, dan makan jambu biji setiap hari setidaknya bisa memperpanjang prosesnya.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension menunjukkan bahwa kepatuhan diet terhadap jambu biji meningkatkan keseimbangan natrium atau kalium tubuh, sehingga mengatur tekanan darah pada pasien hipertensi.

Selain itu, jambu biji juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat, yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

6. Membantu mengobati sembelit

Satu jambu biji memenuhi sekitar 12 persen dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda.

Makan jambu biji setiap hari kaya akan serat yang membantu membersihkan jalur yang tersumbat dan dengan demikian mengurangi sembelit.

7. Membantu meningkatkan penglihatan

Meskipun jambu biji tidak kaya vitamin A seperti wortel, jambu biji tetap merupakan sumber nutrisi yang sangat baik.

Vitamin A membantu menjaga mata Anda dalam kondisi baik, dan juga membantu meningkatkan penglihatan Anda.

Rabun senja adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan kekurangan Vitamin A.

8. Baik untuk ibu hamil

Jambu biji mengandung asam folat atau vitamin B-9 yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena bisa membantu mengembangkan sistem saraf bayi dan melindungi bayi baru lahir dari gangguan saraf.

9. Membantu Anda santai

Magnesium hadir dalam jambu biji membantu dalam mengendurkan saraf dan otot Anda.

Di masa stres saat ini, mengonsumsi jambu biji untuk memerangi stres tentu saja merupakan ide yang baik.

10. Baik untuk otak Anda

Otak adalah salah satu organ utama tubuh kita, dan menjaganya agar tetap sehat harus menjadi prioritas kita semua.

Jambu biji mengandung vitamin B3 dan vitamin B6, juga dikenal sebagai niasin dan piridoksin, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan menenangkan saraf Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler