10 PTKN Terbaik, UIN Syahid Jakarta Ranking 2, UIN Walisongo Posisi 8, Lainnya?

Rabu, 01 Februari 2023 – 17:59 WIB
Kemenag mengumumkan 10 PTKN terbaik versi Webometrics Ranking Web of Universities. ilustrasi Foto: Twitter @Kemenag_RI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan 10 PTKN terbaik versi Webometrics Ranking Web of Universities.

Webometrics rutin merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Untuk Januari 2023, Webometrics kembali merilis kampus-kampus terbaik termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

BACA JUGA: Kemenag: Lembaga Amil Zakat Harus Berizin, Jaga Dana Umat 

Webometrics adalah sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan publikasi publikasi dengan memperhitungkan 3 indikator: keterbukaan, keunggulan, dan visibilitas.

Pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

BACA JUGA: UIN Sunan Kalijaga Diharapkan Berperan Siapkan Generasi Muda yang Kuasai Iptek

Dikutip dari laman Kemenag, Rabu (1/2) terungkap 10 PTKN terbaik versi Webometrics Januari 2023, yaitu:

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung)

BACA JUGA: UIN Walisongo Gelar Kuliah Umum, Kapolri Bakal Hadir

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi PTKN terbaik se-Indonesia berdasarkan peringkat Webometrics. Dalam pemeringkatan tersebut, diketahui juga bahwa universitas yang berlokasi di Jalan AH Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini berada pada ranking ke-3.329 dunia versi Webometrics. Peringkat ini naik dibanding saat rilis Juli 2021 yang berada di peringkat ke-3.913

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta)

Di posisi ke-2 PTKN terbaik ditempati UIN Syahid Jakarta. Universitas yang telah melahirkan banyak cendekiawan ini menduduki peringkat ke-3.697 dari universitas dunia versi Webometrics. Peringkat ini juga naik dibanding rilis Juli 2021.

Saat itu, UIN Jakarta nomor berapa pada peringkat ke-4.317 dunia. Kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan ini juga merupakan cikal bakal pengembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. 

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Di posisi ke-3 PTKN terbaik versi Webometrics ada UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas yang memiliki visi untuk menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional ini berada pada posisi ke-4.062 dunia versi Webometrics, atau naik dari ranking ke-5235 pada rilis Juli 2021. 

4. IAIN Palangka Raya

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menjadi PTKN yang berada pada peringkat berikutnya. Kampus yang memiliki visi “Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul, Berkarakter Islami Terpercaya di kawasan Asia pada Tahun 2039” ini berada pada ranking ke-5.035 dunia versi Webometrics Januari 2023.

5. UIN Ar-Raniry Aceh

Urutan berikutnya ada UIN Ar-Raniry, Aceh. Berdasarkan rilis Webometrics Januari 2023, kampus ini menempati peringkat ke-5.351 dunia. 

6  IAIN Ponorogo

Webometrics Januari 2023 mencatat PTKN ini meraih ranking ke-5.360.

7. UIN Alauddin Makassar 

Webometrics Januari 2023 mencatat PTKN berada di posisi ke-5.370.

8. UIN Walisongo 

PTKN ini berada di ranking ke-5.432 versi Webometrics Januari 2023.

9. Institut IAIN Kendari

Institut IAIN Kendari sesuai data  Webometrics Januari 2023 berada di ranking ke 5.548.

10. UIN Raden Intan Lampung

PTKN terbaik ke-10 adalah UIN Raden Intan Lampung yang sesuai data Webometrics Januari 2023.berada pada ranking ke-5.695. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler