100 Pulau di Indonesia Timur Segera Terang

Rabu, 21 Desember 2011 – 13:29 WIB

JAKARTA--Rencana PT PLN (Persero) melistrikan 100 pulau di wilayah Indonesia Timur dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) akan segera terwujudPerusahaan strum pelat merah itu optimis bisa merealisasinya pada tahun 2012 mendatang.

"Tahun depan kita harapkan 100 Pulau di wilayah Indonesia Timur bisa dilistriki dengan pengunakan tenaga surya," ujar Dirut PLN, Nur Pamudji saat mengunjungi Kantor Jawa Pos Group, Graha Pena, Jakarta Rabu (21/12).

Saat ini menurutnya, dari 100 pulau ini yang sudah berjalan dan beroperasi ada enam pulau, seperti Bunaken, Banda, Terawan, Kelikerawangan, Wakatobi, dan Raja Empat

BACA JUGA: Kangkung Lobar Tembus Amerika

"Masyarakat di enam pulau ini sudah bisa menikmati listrik termasuk juga menggunakan alat-alat elektronik," ucap Pamujdi.

Setelah program 100 pulau ini rampung, PLN kata dia akan melanjutkan program yang sama dengan target yang lebih banyak, yakni menerangi 1.000 pulau
" Pulau-pulau ini seluruhnya berada di wilayah Indonesia Timur," imbuhnya.

Alasan PLN lanjut Pamudji menggunakan tenaga Surya, karena lebih murah jika digerakkan dengan pembangkit diesel berbahan bakar minyak atau membangun jaringan yang harus merogoh kocek lebih dalam.

"Di samping BBM mahal, kita juga harus membawa bahan bakar dengan menggunakan pesawat yang juga memerlukan biaya tidak sedikit," terangnya.

Wilayah Timur tambah Pamudji, memang menjadi perhatian pihaknya ke depan

BACA JUGA: Dahlan: Saya Lawan Perampok Uang Negara

Karena masih banyak daerah-daerah yang belum bisa menikmati listrik sejak Indonesia merdeka
" Memang rasio elektifikasi di wilayah timur masih di bawah Jawa, Bali dan Indonesia Barat," pungkasnya

BACA JUGA: Ekspenditur Perusahaan Migas Disetujui US$ 24,15 Miliar

(Yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Eksplorasi Geothermal Diizinkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler