1000 Rumah Terendam, Pangan Terancam

Senin, 07 November 2011 – 10:48 WIB
PASAMAN BARAT - Selain Pesisir Selatan yang dilanda banjir bandang, beberapa wilayah di Kabupaten Pasaman Barat juga tak luput dari musibah ini.

Pemkab Pasbar melalui Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sedikitnya, ada 1.000 rumah warga di Pasbar yang terendam banjirDaerah yang terparah terkena banjir meliputi tiga kecamatan yakni Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Kinali.
 
BPBD merinci, dari 1.000 rumah yang terendam banjir itu sebagian besar berada di Jorong Pondok sekitar 322 rumah, Jorong Rantau Panjang 250 rumah, Jorong Pasa Lamo 66 rumah, dan jorong Maligi 200 rumah

BACA JUGA: Walikota Tarakan Kunjungi Komplek Prostitusi

Jumlah tersebut, belum semuanya terdata
Belum ada korban jiwa, namun kerugian harta benda diperkirakan mencapai ratusan juta

BACA JUGA: 87 Kambing Sakit, 311 Ekor Tak Layak Qurban



Menyikapi musibah ini, Bupati Pasbar, Baharuddin R, langsung memerintahkan kepada instansi terkait untuk segera mengirim bantuan berupa  beras, makanan,   tenda, maupun perahu karet serta tim penyelamat ke daerah yang dilanda banjir.
 
Kepala BPBD Pasbar, Asgiarman, mengatakan di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia pasokan pangan warga sudah mulai menipis
Sebab
warga tak bisa menjemur padi, karena hujan terus mengguyur daerah itu

BACA JUGA: Daging Sapi dan Ayam Malaysia Diamankan

Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mengirim pasokan beras ke daerah ituSedangkan PMI Pasbar sejak Sabtu (5/11) lalu, telah mengirim bantuan berupa ikan kaleng (sardin) ke rumah warga yang dilanda banjir.

Dijelaskan Asgiarman, sejak sepekan terakhir tim BPBD selalu menstand by-kan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang akan mengungsi ke rumah sanak saudaranya

Sementara itu, di Dusun Bayua Kabuang, Jorong Ampek Koto Kecamatan Kinali, sebanyak 8 kepala keluarga (KK) terperangkap banjir di rumahnyaNamun, tim BPBD  bersama Muspika setempat berhasil mengevakuasi mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Semua warga yang terkena musibah banjir telah kita evakuasi ke rumah saudaranya dengan menggunakan perahu karetBelum ada korban jiwa dalam peristiwa banjir ini,” terang Asgiarman.

BBPD Pasbar terus mengingatkan agar warga selalu waspada karena hujan terus mengguyur daerah iniBerlindunglah di tempat yang aman atau mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, sebelum tim BPBD bersama tim SAR memberikan pertolongan. (eri)



Kampung yang Terendam Banjir
No.  Jorong             Rumah
 
 1.  Pondok                322 unit
 2.  Rantau Panjang    250 unit
 3.  Pasalamo              66 unit
 4.  Maligi                  200 unit

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratusan Hewan Tak Layak Qurban


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler