100.038 Peserta Ujian Masuk PTKIN Mulai Jalani Tes, Ada Mata Uji Baca Tulis Al-Qur'an

Senin, 24 Mei 2021 – 22:33 WIB
Ilustrasi UM-PTKIN. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) digelar secara daring mulai Senin ini (24/5) hingga Kamis (27/5).

Pelaksanaannya menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang bisa diunduh di Google Play Store.

BACA JUGA: SNMPTN 2021: Selamat! 110.459 Siswa Diterima di 126 PTN/Poltek dan 11 PTKIN

Ketua Panitia UM-PTKIN  Prof Mahmud mengatakan sistem daring memungkinkan peserta ujian itu mengerjakan soal dari rumah masing-masing dengan menggunakan perangkat smartphone, tablet, notebook, laptop, maupun personal computer.

"Syaratnya, perangkat  yang digunakan tersebut harus memiliki kamera dan active speaker," kata Prof Mahmud di Jakarta, Senin (24/5).

BACA JUGA: Informasi Penting dari Wamenag soal UKT Mahasiswa PTKIN

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu mengatakan pada UM-PTKIN kali ini ada mata uji baru, yakni baca tulis Al-Qur'an (BTQ). 

Sebelumnya, mata uji yang diujikan pada UM-PTKIN ialah keislaman, tes potensi akademik (TPA), Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, matematika, dan IPA terpadu (khusus kelompok IPA), serta IPS terpadu (khusus kelompok IPS).

BACA JUGA: Cegah Radikalisme di PTKIN, Menag Perintahkan Bentuk Satgas

Mahmud menjelaskan hal baru lain pada UM-PTKIN ialah penggunaan SSE yang memudahkan panitia memonitor pelaksanaan ujian. Menurutnya, hal itu penting untuk meminimalkan kecurangan.

“Selama ujian berlangsung, kamera pada perangkat yang digunakan peserta harus dalam posisi mode on atau menyala,” jelasnya.

UM-PTKIN 2021 dilaksanakan oleh 58 PTKIN  dan 1  fakultas agama pada perguruan tinggi negeri (PTN), yakni Universitas Singaperbangsa Karawang). Peserta terbagi menjadi dua kelompok, yaitu IPA  (8.264 orang) dan IPS (91.774 orang.

Mahmud menyebut minat peserta UM-PTKIN 2021 sangat tinggi. Buktinya, pendaftarnya mencapai 115.315 orang.

Dari jumlah itu, yang melakukan proses pembayaran sebanyak 101.738 orang. “Yang melakukan finalisasi serta berhak mengikuti Ujian Masuk PTKIN ini sebanyak 100.038 orang,” tutur Mahmud.(esy/jpnn)

 

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 110.459 Orang Lulus SNMPTN 2021, Terbanyak Asal Jatim


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler