11 Desa Binaan APP Sinar Mas Raih Penghargaan ProKlim Utama KLHK

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 19:30 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan Proklim Utama. Foto: dok. APP Sinar Mas

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama kepada 11 desa binaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Penyerahan penghargaan di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Jumat, (28/10), bersamaan dengan acara puncak Festival Iklim bertema "Tingkatkan Aksi Iklim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat".

BACA JUGA: APP Sinar Mas Mendorong UMKM Naik Kelas, Penghasilan Wanudin Dkk Rp 200 Juta per Bulan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan kepada para perwakilan pemerintahan daerah terkait baik seraca luring maupun daring.

Menteri Siti Nurbaya didampingi Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewanthi.

BACA JUGA: Ada Program DMPA, Pendapatan Sofiatun Rp 6 Juta per Bulan

PT Wirakarya Sakti (WKS) yang merupakan unit usaha APP Sinar Mas juga memperoleh penghargaan sebagai perusahaan yang konsisten dalam mendukung ProKlim.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan atas kerja keras para pejuang ProKlim.

BACA JUGA: Kelompok Tani Binaan Program DMPA Panen Tomat dan Cabai, Hasil Bersih Rp57 Juta

Mereka sudah bekerja ikhlas hingga di tingkat tapak untuk melakukan aksi nyata membangun Indonesia yang berketahanan iklim dengan pembangunan rendah emisi gas rumah kaca atau karbon.

"Penghargaan yang diberikan kepada Ibu dan Bapak yang hadir pada hari ini merupakan pengakuan resmi atas kerja keras ibu dan bapak aktor aksi agenda iklim di lokasi ProKlim.”

“Kepala Daerah yang telah menjalankan fungsi pembinaan dengan baik, begitu pula dunia usaha yang mengambil peran aktif dalam mendukung dan mendampingi pelaksanaan ProKlim," ujar Siti Nurbaya.

Di tempat terpisah, Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan bahwa dukungan terhadap ProKlim merupakan perwujudan peran serta perusahaan dalam melibatkan, membina, dan bersinergi dengan masyarakat untuk berperan aktif dalam aksi nyata memitigasi perubahan iklim, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Dikatakan, dalam mendukung Proklim, APP Sinar Mas berupaya memperkuat program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) di lingkup unit forestry, dan program CSR di lingkup pabrik kami.

“Program ini dijalankan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mencapai keberlanjutan lingkungan dan hutan, serta mensejahterakan masyarakat sekitar operasional kami," terang Suhendra dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/10).

Berikut ini 11 desa binaan APP Sinar Mas yang memperoleh Penghargaan ProKlim Utama KLHK meliputi 4 desa binaan program DMPA:

- PT Wirakarya Sakti (Dusun Mudo, dan Desa Sungai Terap di Jambi)

- PT Arara Abadi (Desa Pinang Sebatang Timur, dan Desa Muara Kelantan di Riau)

Serta 7 desa binaan program CSR dari pabrik:

- PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Perawang (Desa Tualang di Riau)

- PT IKPP Tangerang (Desa Pakulonan, Desa Pakualam, dan Desa Jelupang di Tangerang Banten)

- PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills (Desa Kutamekar, dan Desa Kutanegara di Karawang Jawa Barat)

- PT Ekamas Fortuna (Desa Sengguruh di Malang Jawa Timur)

Saat ini Program DMPA telah memberdayakan masyarakat di 405 desa yang tersebar di 5 Provinsi.

Selain sebagai upaya meningkatkan mensejahterakan masyarakat, program DMPA juga dirancang untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Sedangkan program CSR Pabrik saat ini telah membina 87 UMKM yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari hortikultura, industri olahan makanan, sampai dengan kerajinan. (esy/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler