11 Manfaat Jus Ceri untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 20 Agustus 2019 – 08:38 WIB
Buah ceri. Foto: Pixabay

jpnn.com - Jus ceri rasanya cukup enak untuk diminum, tetapi ada banyak manfaat kesehatan sehingga Anda ingin meminumnya lebih sering.

Berikut adalah beberapa alasan untuk mulai minum jus ceri, seperti dilansir laman Care2, Senin (19/8).

BACA JUGA: Tak Hanya Penghias Kue, Ceri Punya 4 Khaiat untuk Kesehatan

1. Kaya Antioksidan

Menurut University of Michigan, satu cangkir ceri tart kering-beku memiliki nilai ORAC lebih dari 10.000, membuatnya sangat tinggi dalam daftar makanan kaya antioksidan. Para peneliti menemukan bahwa ceri tart memiliki keragaman yang luas dan kombinasi unik phytochemical yang meningkatkan fungsi antioksidan mereka.

BACA JUGA: 4 Makanan Super untuk Atasi Depresi dan Peradangan

BACA JUGA: Kenali 7 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

2. Alleviator Artritis

BACA JUGA: Kenali 7 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Dalam analisis studi tentang ceri, para peneliti menemukan bahwa 5 dari 5 studi tentang buah ceri pada arthritis menunjukkan manfaatnya bagi peserta studi arthritis.

3. Pengurangan Tekanan Darah

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal medis Nutrients menemukan bahwa minum sekitar setengah liter jus ceri tart setiap hari mengurangi tekanan darah tinggi pada peserta studi.

4. Peredam Kolesterol

Studi yang sama menemukan penurunan kadar kolesterol di antara mereka yang minum jus ceri.

5. Pemulihan Setelah Olahraga

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Sport Science menemukan bahwa tart cherry mempercepat penyembuhan kerusakan otot akibat olahraga.

BACA JUGA: Tak Hanya Penghias Kue, Ceri Punya 4 Khaiat untuk Kesehatan

6. Gout Healer

Jus ceri tart dan ceri asam terkenal karena kemampuannya untuk meredakan rasa sakit dan radang asam urat — suatu bentuk artritis yang terutama menyerang ibu jari kaki.

7. Penyembuh Jantung

Dalam serangkaian 3 studi yang diterbitkan oleh University of Michigan, para peneliti menemukan bahwa ceri tart mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan peradangan yang merusak jantung.

8. Atasi Peradangan

Penelitian di Nutrients juga menemukan bahwa minum jus tart cherry menghasilkan pengurangan 25 persen protein C-reactive (CRP) - penanda untuk peradangan dan sering merupakan pendahulu penyakit jantung, serta pengurangan peradangan.

9. Penguat Nutrisi

Ceri adalah pembangkit tenaga gizi yang mengandung berbagai phytochemical, yang secara harfiah berarti bahan kimia tanaman, termasuk: anthocyanin, flavonoid (seperti quercetin) dan asam klorogenat.

10. Bantuan Osteoporosis

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa jus ceri secara signifikan mencegah keropos tulang dan karenanya bisa membantu dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa tart cherry sebenarnya bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang.

11. Manfaat Usus Prebiotik

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biokimia, ceri tart dan jus ceri bertindak sebagai prebiotik dalam usus, yang berarti mereka menyediakan makanan bagi bakteri menguntungkan untuk memastikan pertumbuhan dan kemampuan mereka berkembang biak.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Si Merah Ceri Yang Punya Manfaat Dahsyat


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler