7 Manfaat Brokoli, Bantu Lawan Penyakit Kronis Ini

Minggu, 05 Februari 2023 – 06:34 WIB
ILUSTRASI. Brokoli. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com, JAKARTA - PARA ahli kesehatan menyarankan kita agar rutin mengonsumsi berbagai sayuran.

Ada berbagai jenis sayur yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari brokoli, bayam, kangkung, kol, buncis, dan lainnya.

BACA JUGA: 3 Manfaat Air Rebusan Brokoli, Baik untuk Ibu Hamil

Memang tidak semua orang suka mengonsumsi sayur. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengoolah berbagai jenis sayuran tersebut agar makin lezat dan nikmat.

Salah satu jenis sayur yang populer adalah brokoli. Brokoli kini makin populer berkat kandungan nutrisinya yang luar biasa.

BACA JUGA: 8 Manfaat Kacang Hijau, Lindungi Tubuh dari Serangan Penyakit Kronis Ini

Selain itu, brokoli juga diketahui bisa membantu mengatasi beberapa penyakit.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

BACA JUGA: 5 Khasiat Brokoli Hijau, Nomor 4 Bikin Penderita Penyakit Ini Happy

1. Kanker

Brokoli terbukti sebagai obat ajaib alami untuk berbagai jenis penyakit kronis kanker, termasuk kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker organ dalam seperti paru-paru, usus besar, hati, ginjal, dan kanker usus.

Namun, brokoli sangat baik untuk kanker payudara dan kanker rahim, karena menghilangkan kelebihan estrogen dari tubuh.

Ini karena adanya antikarsinogen kuat seperti glukoraphanin, diindolylmethane, beta-karoten, selenium dan nutrisi lain seperti vitamin-C, vitamin-A dan vitamin-E, seng, kalium dan asam amino tertentu, yang juga merupakan anti kanker yang baik. agen.

2. Detoksifikasi

Kehadiran vitamin-C, belerang dan asam amino tertentu menjadikan brokoli sebagai detoksifikasi yang sangat baik.

Ini membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh, sehingga memurnikan darah dan menjauhkan masalah yang berhubungan dengan racun seperti bisul, gatal, ruam, asam urat, radang sendi, rematik, batu ginjal, penyakit kulit seperti eksim dan pengerasan kulit.

3. Gangguan Perut

Brokoli sangat kaya serat atau serat, hal terbaik yang dapat menyembuhkan hampir semua gangguan lambung dengan menyembuhkan sembelit, karena sembelit adalah akar dari hampir semua gangguan lambung.

Serat membentuk sebagian besar makanan, menahan air dan membentuk usus.

Magnesium dan vitamin yang ada dalam brokoli juga menyembuhkan keasaman, memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan dan menenangkan perut dengan mengurangi peradangan.

4. Perawatan Kulit

Penghargaan untuk menjaga kulit Anda tetap bersinar dan awet muda diberikan kepada antioksidan ahli seperti beta-karoten dan vitamin-C dan pembantu lainnya seperti vitamin B kompleks, vitamin E (yang memberi kilau pada kulit, rambut, dan menghidupkan kembali jaringan kulit), vitamin A dan K, asam lemak omega 3 (menambah kemewahan), asam amino dan folat yang ada di dalam brokoli. Mereka merawat kulit Anda dengan sangat baik.

5. Penyakit Jantung

Terlepas dari antioksidan yang disebutkan di atas, brokoli memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, beta-karoten, asam lemak omega-3 dan vitamin lainnya yang membantu mengurangi kolesterol jahat serta menjaga jantung berfungsi dengan baik dengan mengatur tekanan darah.

6. Perawatan Mata dan Katarak

Terutama Zeaxanthin dan kemudian beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lain seperti B kompleks, C dan E yang ada dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan mata.

Zat ini melindungi mata dari degenerasi makula, katarak, dan memperbaiki kerusakan akibat radiasi UV.

7. Kekebalan Tubuh

Zat yang bertanggung jawab atas warna hijau dan ungu brokoli, vitamin C, beta-karoten dan vitamin dan mineral lainnya, terutama selenium, tembaga, seng, fosfor yang ada dalam brokoli adalah penguat kekebalan yang sangat baik.

Mereka melindungi Anda dari berbagai infeksi.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler