120 Anggota DPRD Jateng Dilantik, Terbanyak dari PDIP

Selasa, 03 September 2024 – 16:00 WIB
Pelantikan Anggota DPRD Jateng 2024-2029 di Ruang Paripurna Gedung Berlian DPRD Jateng. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com - Sebanyak 120 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), periode 2024 - 2029 resmi dilantik, Selasa (3/9). Adapun 60 di antaranya adalah wajah baru.

Prosesi pelantikan dan sumpah jabatan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jateng Charis Mardiyanto yang dilanjutkan penandatanganan berita acara.

BACA JUGA: Rektor Undip soal Kematian Dokter Aulia Risma Lestari: Untuk Apa Kami Menutupi?

Selanjutnya, 120 anggota DPRD Jateng tersebut menyematkan pin dan menerima surat tugas sebagai wakil rakyat periode 2024 - 2029.

Tampak Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana hadir duduk di meja pimpinan DPRD Jateng periode 2019-2024.

BACA JUGA: Soal Jilbab, Dirut RS Medistra Beri Klarifikasi Agar Tidak Menimbulkan Salah Persepsi

Dua kandidat Calon Wakil Gubernur Jateng Hendrar Prihadi atau Hendi, dan Taj Yasin Maimoen duduk berdampingan, di sebelahnya Calon Wali Kota Semarang Agustina Wilujeng Pramestuti.

Para ketua partai politik (parpol) diundang. Namun, Ketua PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto, dan Ketua Golkar Jateng Sudaryono absen dalam pelantikan ini.

BACA JUGA: Dekan FK Undip Syok setelah Praktiknya di RS Kariadi Ditangguhkan

Dalam pelantikan dilakukan penunjukkan Ketua DPRD Jateng sementara Sumanto dari PDIP, dan Wakil Ketua DPRD Jateng sementara Sarif Abdillah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Ini menandai dimulainya masa jabatan baru anggota DPRD Jateng 2024-2029. Kita harus melakukan kinerja kolaboratif dalam pemecahan permasalahan di tingkat lokal," kata Sumanto.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan ekspektasi masyarakat terhadap DPRD Jateng sangat besar. Menurutnya, legislator yang memikul beban berat dapat menjalankan tugas hingga akhir masa jabatannya.

"Kami akan menjalankan masa transisi sebaik-baiknya sehingga agenda pembangunan di Jateng bisa terlaksana sesuai cita-cita bersama," katanya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyatakan pola hubungan kemitraan antara DPRD dan kepala daerah yang bersifat check and balances.

Dia berharap hubungan itu dapat mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah.

"Oleh sebab itu sinergitas dan kolaborasi, kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respons cepat," katanya.

Perlu diketahui, dari 120 Anggota DPRD Jateng yang dilantik, terbanyak merupakan kader PDI Perjuangan sebanyak 33 orang, disusul PKB Sebanyak 20 orang, lalu masing-masing Golkar dan Gerindra 17 orang.

Kemudian dari Partai Keadilan Sekahtera (PKS) 11 orang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 10 orang, Demokrat 7 orang, Partai Amanat Nasional (PAN) 3 orang, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 2 orang.(mcr5/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler