150 Polisi Amankan Gedung KPU

Kamis, 09 April 2009 – 10:19 WIB
JAKARTA - Satu hari menjelang pemungutan suara (8/4), pengamanan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) diperketatSebanyak 150 personel polisi mulai disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Sebagai lembaga negara, keamanannya juga harus terjamin

BACA JUGA: Tanpa Surat Undangan Tetap Bisa Memilih

Kami perbantukan pengamanan KPU dengan menyiagakan 150 personel," ujar Kepala Posko Mantabrata KPU AKP Gede Wisnu di gedung KPU, Rabu (08/04).
 
Personel pengamanan tersebut merupakan bantuan dari Polda Jateng
Selain itu, disiapkan satu mobil water canon di halaman parkir depan gedung KPU

BACA JUGA: Politik Uang Dijerat Pidana Pasal Kampanye

Selain polisi anti huru-hara, belasan polisi bermotor juga siaga di lokasi yang berjarak 20 meter dari pintu gerbang utama gedung KPU
Menurut Wisnu, pengamanan itu disiagakan hingga 13 April

BACA JUGA: Siap Siaga, Komisioner KPU Nginap di Kantor

"Tetapi, jika ada perintah lebih lanjut bisa lebih lama," terangnya
 
Mulai Rabu (08/04), setiap wartawan yang masuk gedung diperiksa kartu persnyaLalu, untuk memasuki Kantor KPU, setiap tamu harus melewati dua personel polisi yang berjaga satu meter di depan gerbang utamaSetelah itu, tamu diwajibkan melapor kepada petugas di posko pengamanan untuk mendapatkan kartu tanda tamuUntuk mendapatkan kartu tersebut, pengunjung harus menyerahkan KTP.
 
Pengamanan tidak hanya dilakukan di luar gedung, tetapi juga di dalam gedung di dekat Kantor Komisioner KPU di lantai 2Namun, polisi yang bertugas di dalam gedung tidak mengenakan seragamSebulan belakangan, tiap komisioner KPU juga dikawal secara pribadi oleh seorang polisi dari Polda Metro Jaya.
 
Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri kemarin juga sempat melakukan inspeksi mendadak di gedung KPUNamun, dia hanya sebentar melihat pengamanan di gedung lembaga penyelenggara pemilu tersebut"Ini memantau pengamanan saja," jelas Bambang. 
 
Ketika ditanya di titik mana saja akan dilakukan pengamanan, Kapolri menjawab singkat bahwa semua titik akan diamankanKemudian, ketika ditanya apakah sudah ada kerawanan, Bambang juga hanya menjawab singkat, "Belum ada kerawanan." Kapolri tidak sampai lima menit berada di gedung KPUDia hanya melihat kesiapan pengamanan di depan gedung KPU.
 
Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary mengatakan, pengamanan tersebut merupakan bagian dari tugas kepolisianDia menyatakan bahwa KPU tidak secara khusus meminta pengamanan"Tapi, mungkin kepolisian mempunyai pandangan sendiri," tuturnya(dil/jpnn/agm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Gelar Doa Bersama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler